Syarah 200 Hadits Pilihan (Keterangan Singkat Kitab Hadits yang Disusun Oleh Syaikh Abdullah Awadh Abdun)

 


Selasa, 9 November 2021

Faktakini.info

```Resensi Buku```

*MENGENALKAN AJARAN NABI MUHAMMAD SAW SEJAK DINI*

Judul : Syarah 200 Hadits Pilihan (Keterangan Singkat Kitab Hadits yang Disusun Oleh Syaikh Abdullah Awadh Abdun)

Penulis : Ali Akbar bin Muhammad bin Aqil

Penerbit : PT. Dinamika Astrapedia Sejahtera

Tahun Terbit : Cetakan I, 2021

Tebal : 104 Halaman

Ukuran : 12x19 Cm

Mempelajari hadits-hadits Nabi Muhammad SAW merupakan sebuah keniscayaan bagi tiap umat Islam. Melalui hadits-hadits beliau kita bisa memperoleh petunjuk teknis dalam menjalankan kehidupan beragama yang baik dan benar sesuai tuntunan beliau. Hadits-hadits beliau adalah penjabaran dari isi Al-Qur'an yang wajib kita ikuti.

Oleh karena itu, Syaikh Abdullah Abdun, Pendiri Pesantren Daruttauhid Malang, di antara metode pendidikan yang beliau terapkan adalah mengenalkan sabda-sabda Rasulullah SAW kepada para santri dan putra-putri kaum Muslimin.

Syaikh Abdullah Abdun menyusun buku hadits, untuk menjadi materi pelajaran bagi para santri yang duduk di kelas satu sampai tiga Ibtidaiyah. Ada 200 hadits di yang beliau susun di dalamnya. Hampir semuanya diambil dari kitab al-Jami` ash-Shaghiir karya Imam Jalaluddin Asy-Suyuthi.

Syaikh Abdullah Abdun membagi bukunya dalam tiga jilid. Jilid pertama berisi 40 hadits, jilid dua 60 hadits, dan jilid tiga 100 hadits. Semua hadits yang tertera ditulis dalam bentuk matan dan terjemahannya.

Berangkat dari manfaat yang sudah dirasakan ketika penulis belajar di pesantren beliau dan mengingat pentingnya upaya mengenalkan ajaran Nabi Muhammad SAW kepada umat Islam sejak dini, maka penulis berusaha menyajikan sedikit keterangan ringkas pada tiap hadits, dalam bahasa Indonesia.

Tujuannya agar para pembaca yang mempelajarinya, bisa memahami kandungannya secara singkat. Dengan begitu, pembaca bisa mengajarkan kepada yang lain dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Buku ini sangat cocok untuk dijadikan bahan ajar hadits di Madrasah Diniyah, Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ), pesantren, dan lembaga-lembaga semisal. Dengan mengenal ajaran Rasulullah, kita bisa lebih maksimal meneladani beliau sebab beliau adalah Uswah Hasanah (teladan yang baik) bagi kita semua

_____
Untuk pemesanan hubungi Ustad Fathul Bari : https://wa.link/h0xvyz


Posting Komentar untuk "Syarah 200 Hadits Pilihan (Keterangan Singkat Kitab Hadits yang Disusun Oleh Syaikh Abdullah Awadh Abdun)"