(Video) Korban Banjir di Sintang Terharu Relawan HILMI FPI Naik Perahu Bagikan Nasi Bungkus




Selasa, 9 November 2021

Faktakini.info, Jakarta - Musibah banjir masih menggenangi sejumlah kecamatan di Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat. Tinggi muka air kembali meningkat, berkisar 1 hingga 3 meter.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari mengatakan, banjir menyebabkan dua orang meninggal dunia dan 24.522 KK atau 87.496 jiwa terdampak.

"Kerugian material tercatat sementara yaitu 21.000 unit rumah dan 5 unit jembatan terdampak, serta sarana tempat ibadah yang juga terendam banjir," jelasnya, Ahad (7/11/2021).

Namun alhamdulillah Front Persaudaraan Islam (FPI) melalui Sayap Juangnya HILMI dengan sigap langsung turun ke lokasi bencana dan memberikan berbagai bantuan. 

Pada hari Jum'at (5/11) pukul 22.00 Wita relawan HILMI FPI Kalbar berangkat menuju lokasi bencana banjir di kabupaten Sintang yang dikoordinatori oleh saudara Nopi MS bersama relawan lainnya.

Mereka menempuh perjalanan panjang sejauh sekitar 450 kilometer menuju lokasi bencana banjir dari kota Pontianak melalui jalur darat, serta dilanjutkan perjalanan melalui alur sungai menuju ke lokasi desa Manyumbong Tengah Kampung Raja Kecamatan Mensiku Kabupaten Sintang kurang lebih 3 jam dengan menggunakan perahu air.

Para Relawan HILMI FPI ini membawa berbagai perlengkapan yaitu alat-alat masak untuk dapur umum, sembako, tenda barak sebanyak dua unit, air bersih, air mineral, obat-obatan dan genset. Setelah tiba mereka langsung mendirikan posko, membuka dapur umum dan membagikan makanan untuk saudara-saudara kita yang sedang mengalami musibah banjir ini. 

Hari ini Selasa (9/11) yang merupakan hari kelima, para Relawan HILMI FPI dengan menggunakan perahu kecil masih terus mendatangi rumah-rumah para korban banjir untuk membagikan nasi bungkus. Kegiatan pembagian makanan ini sudah menjadi kegiatan rutin para relawan HILMI FPI di Kabupaten Sintang dan wilayah terdampak banjir. 

Dengan menyusuri gang-gang sempit, para Relawan HILMI FPI mendatangi rumah-rumah warga korban banjir di desa Manyumbong dan sekitarnya yang menolak meninggalkan rumahnya. 

Dengan ramah para Relawan HILMI FPI menyapa warga di rumah demi rumah yang mereka datangi, dan membagi-bagikan nasi bungkus. 

Para warga nampak terharu menyambut kedatangan Relawan HILMI FPI dan mereka mengucapkan terima kasih. 

"Semoga relawan HILMI FPI selalu sehat, banyak anak dan rejeki", ujar seorang Ibu korban banjir.

Klik video:



Posting Komentar untuk "(Video) Korban Banjir di Sintang Terharu Relawan HILMI FPI Naik Perahu Bagikan Nasi Bungkus "