Acara Akhir Ziarah di Makam Keramat Luar Batang Sukses, Ketua Rabithah Hadir

 




Kamis, 24 Maret 2022

Faktakini.info, Jakarta - Acara akhir ziarah di Makam Habib Hussein bin Abubakar Alaydrus yang digelar pada hari Kamis (24/3/2022) di Jalan Kampung Luar Batang V Nomor 1 RT 004 RW 03 Kelurahan Penjaringan,  Kecamatan Penjaringan Jakarta Utara,  berlangsung dengan lancar dan berkah. Ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap satu pekan menjelang datangnya bulan suci Ramadhan. 

Acara ini dihadiri oleh para Ulama dan Habaib antara lain Mutawali atau Pemimpin Makam Keramat Luar Batang Habib Hussein bin Hasan Alaydrus, Habib Hussein bin Abubakar Alaydrus, Ketua Umum Rabithah Alawiyah Habib Taufiq bin Abdul Qadir Assegaf, Habib Ahmad bin Muhammad Alhaddad, Habib Hasan Assegaf, Habib Hafidz Alaydrus serta para jamaah lainnya.

Habib Hussein bin Abubakar Alaydrus adalah waliyullah yang berasal dari Hadramaut dan kewaliannya telah tampak sejak masa kecil. Ia kemudian pergi ke Tanah Jawa untuk berdakwah, dan selalu didampingi oleh Haji Abdul Qadir Pribumi asli Betawi, yang sekaligus sebagai penterjemahnya. 

Habib Hussein wafat pada pada 17 Ramadhan, dan Haul nya ditetapkan pada setiap hari Ahad terakhir di bulan Syawal. Hingga saat ini makamnya selalu diziarahi oleh umat Islam.

Rangkaian acara akhir ziarah hari ini dimulai sekitar pukul delapan pagi berupa Pembacaan Qashidah, Dzikir dan Sholawat, lalu ziarah bersama ke Makam Habib Hussein bin Abubakar Alaydrus, pembacaan Maulid Sinthud Dhurror dan ceramah.

Sebelum acara ditutup, Ketua Umum Rabithah Alawiyyah Habib Taufiq bin Abdul Qadir Assegaf diminta untuk memberikan ceramah. Ulama asal Pasuruan ini mengungkapkan betapa ruginya orang yang selama hidupnya di dunia hanya mengejar harta, tahta dan wanita. 

Habib Taufiq kemudian menceritakan bahwa seorang tahanan yang akan dihukum mati, maka semakin mendekati hari eksekusi tahanan itu akan semakin gelisah, menangis dan ketakutan. 

"Padahal kita, sudah divonis akan mati sebelum kita hidup oleh Allah SWT", ujarnya.

Maka itu ia mengungkapkan keheranannya melihat orang yang hanya memikirkan kehidupan di dunia dan tak mempersiapkan bekal untuk akherat, padahal orang tersebut percaya bahwa kematian itu pasti dan neraka itu nyata. 

Habib Taufiq kemudian mengajak para jamaah untuk terus memperbaiki diri dan terus berusaha mengikuti jejak Habib Hussein bin Abubakar Alaydrus. 

"Semoga keberkahan dari Habib Hussein bin Abubakar Alaydrus menerangi kita, dan Allah SWT membimbing kita ke jalan yang lurus", tutup Habib Taufiq. 

Sementara itu Mutawali Makam Keramat Luar Batang Habib Hussein bin Hasan Alaydrus mengucapkan terima kasih pada para jamaah khususnya habaib yang telah hadir pada acara ini. Ia juga mengucapkan selamat memasuki bulan suci ramadhan kepada seluruh jamaah yang hadir.

Foto: Habib Taufiq bin Abdul Qodir Assegaf di Makam Keramat Luar Batang, Kamis (24/3)



Klik video: