(Video) Tolak Perpanjangan Masa Jabatan Presiden, Mahasiswa di Patung Kuda: Jokowi Offside!

 



Kamis, 21 April 2022

Faktakini.info, Jakarta - Tidak hanya orasi yang berisi aspirasi, yel-yel juga bergema disuarakan massa mahasiswa saat berunjuk rasa di Patung Kuda Arjuna Wihaha, di depan Monumen Nasional, Jakarta Pusat pada Kamis (21/4).

Dengan membawa bendera wasit dalam pertandingan sepak bola dan meniupkan pluit, para mahasiswa dari berbagai universitas itu, meneriakkan yel-yel "Jokowi offside".

Selain bernyanyi saing saut-sautan, mahasiswa juga membacakan tujuh tuntutan kepada Presiden RI Joko Widodo.

Tujuh tuntutan itu adalah tindak tegas para penjahat konstitusi dan tolak wacana perpanjangan masa jabatan Presiden; Turunkan harga kebutuhan pokok dan atasi ketimpangan ekonomi; menindak tegas segala tindakan represif terhadap masyarakat sipil dengan mekanisme yang ketat dan tidak diskriminatif,

Berikutnya, wujudkan pendidikan ilmiah gratis dan demokratis; sahkan RUU Prorakyat, tolak RUU Prooligarki; wujudkan reforma agraria sejati; dan tuntaskan seluruh pelanggaran HAM.

Usai pembacaan tuntutan itu, para orator dari perwakilan universitas terus menyuarakan aspirasi mereka. 

Aksi demonstrasi mahasiswa di depan Patung Kuda Arjuna Wihaha atau depan Monumen Nasional (Monas) mulai membubarkan diri jelang Magrib, Kamis (21/4).

Barisan mahasiswa berjalan perlahan mengarah ke lapangan IRTI yang menjadi lokasi angkutan bus pembawa massa dari titik awal terparkir.

Banyaknya massa sempat membuat Jalan Merdeka Selatan dari arah Patung Kuda ke Stasiun Gambir terhenti. Beruntung, massa mahasiswa langsung mengarah ke bus dan kendaraan masing-masing dan jalan berangsur terurai.

Berangsur pulangnya mahasiswa ke titik masing-masing mengartikan bahwa mereka tidak dapat bertemu perwakilan Istana Negara.

Kekecewaan pun terlihat dari raut wajah para demonstran.

"Hari ini kita tidak ditemui Presiden Jokowi dan (Wapres) Maruf Amin. Sebenarnya kami ingin bertemu secara langsung, tetapi presiden dan wakil presiden tidak menemui kami," kata salah seorang mahasiswa perwakilan Universitas Trisakti. 

Terkait jalannya aksi, Kakek Suwono, salah seorang demonstran yang berasal dari non-mahasiswa diundang orator untuk naik ke atas mobil komando saat aksi BEM UI dan Aliansi Mahasiswa Indonesia di area Patung Arjuna Wiwaha atau Patung Kuda, Jakarta Pusat, Kamis (21/4).

Naiknya Kakek Suwono ke atas mobil komando disambut tepuk tangan riuh para mahasiswa yang duduk di jalan.

"Saya bertanya kepada mahasiswa apakah niat dan tujuan datang ke sini?" Tanya Suwono.

Massa mahasiswa pun menjawab dengan lantang, "Ketemu Jokowi," teriak mahasiswa.

Bukannya membalas jawaban mahasiswa dengan serius, Suwono justru menjawab bahwa Jokowi sudah lama tidak ada di Istana Negara.

"Kalau ketemu Jokowi tidak ada di Istana Merdeka karena sejak tahun 2017, Jokowi sudah aku usir dari Istana Presiden. Karena dia tidak punya tempat, dibawa 'Megawi' ke Bogor," kata Suwono.

Di Bogor, ungkap Suwono, Jokowi sibuk memberi makan rusa, angsa, dan bebek. Mendengar jawaban tersebut, mahasiswa pun tertawa. 

Sumber: rmol.id 







Klik video: