Bacaan Sholawat Mansub Karya Habib Sholeh Tanggul dan Keutamaan Membacanya untuk Umat Islam

 





Ahad, 15 Mei 2022

Faktakini.info, Jakarta - Membaca sholawat adalah amalan yang dianjurkan untuk umat Muslim. Sholawat adalah suatu bentuk kecintaan dan kehormatan umat Muslim kepada Nabi Muhammad SAW. Terdapat banyak sholawat yang dapat diamalkan umat Muslim. Salah satunya adalah Sholawat Mansub karya Habib Sholeh bin Muchsin Alhamid atau yang terkenal dengan sebutan Habib Sholeh Tanggul.

Membaca sholawat membawa banyak keberkahan, keutamaan, dan pahala. Selain itu, membaca sholawat dapat memberikan ketenangan hati dan pikiran.

Menurut buku Menjadi Tentram dan Bahagia dengan Shalat oleh Muhammad Fadlun, S.Pd.I (2014: 82), sholawat adalah sebuah doa memohon turunnya keselamatan dan rahmat kepada Allah SWT. Sholawat banyak memberikan keutamaan, itu artinya ada banyak hal yang akan didapat oleh mereka yang rajin mengamalkan sholawat. Dalam buku tersebut juga disebutkan keutamaan-keutamaan sholawat di antaranya adalah:

Bacaan sholawat dapat melebur dosa.

Bacaan sholawat adalah kunci terkabulnya doa.

Bacaan sholawat adalah jaminan memperoleh keselamatan.

Bacaan sholawat adalah jaminan memperoleh surga.

Bagaimana bacaan Sholawat Mansub dan apa keutamaannya?

Bacaan dan Arti Sholawat Mansub

Berikut ini adalah bacaan, arti, dan penjelasan keutamaan Sholawat Mansub berdasarkan website dakwahnu.id (diakses pada 12 Desember 202) dan buku Keajaiban 40 Selawat Pilihan oleh iqbal Zain al-Jauhari (1981: 57-58).

Bacaan Sholawat Mansub:

Shalawat Manshub Lafadz Arab

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلاَةً تَغْفِرُ بِهَا الذُّنُوْبَ , وَتُصْلِحُ بِهَا الْقُلُوْبَ , وَتَنْطَلِقُ بِهَا الْعُصُوْبُ , وَتَلِيْنُ بِهَا الصُّعُوْبُ , وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ إِلَيْهِ مَنْسُوْبٌ

Sholawat Manshub Teks Latin 

Allahumma sholli ala Sayyidina Muhammadin sholatan taghfiru bihadzunuba, wa tuslihu bihal quluba, wa tantholiqu bihal usuba, wa talinu bihasshu'uba, wa'ala alihi wa sohbihi wa man ilaihi mansubun.

Artinya:

Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami, Nabi Muhammad yang dengannya Engkau ampuni kami. Engkau perbaiki hati kami, menjadi lancar urat-urat kami, menjadi mudah segala kesulitan, juga kepada keluarga dan para sahabatnya.

Keutamaan Sholawat Mansub

Sholawat ini sangat bermanfaat dan memiliki banyak keutamaan, di antaranya adalah mempercepat terkabulnya hajat kita. Habib Soleh berkata: Shalawat ini dibaca 11 atau 41 kali dengan niat untuk memperoleh kemudahan dan terkabulnya semua hajat. Insya Allah akan mendapatkannya.

Semoga penjelasan mengenai bacaan, arti, dan keutamaan Sholawat Mansub dapat menambah wawasan umat Muslim tentang sholawat tersebut..(IND)

Sumber: kumparan.com