Pemuda Ansor Larang Greenpeace Masuk Bali

 


Selasa, 8 November 2022

Faktakini.info, Jakarta - Agenda penting internasional yang rencana akan dilaksanakan pada bulan November 2022 yaitu KTT G-20 di Bali, dengan Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah.

Adanya agenda yang sangat penting tersebut, Lora Hilal Fikri sebagai Ketua PAC GP Ansor Kebomas Gresik dalam pernyataannya menyampaikan, " Saya sangat mendukung pelaksanaan KTT G-20 tahun 2022 yang diselenggarakan di Bali Indonesia karena mempresentasikan kekuatan ekonomi dan politik Indonesia ditingkat Dunia". Ucap Lora Hilal

Dengan dalih acara tersebut adalah acara penting, Segenap pengurus PAC GP Ansor Kebomas, di bawah komando Sahabat Lora Hilal menekankan melarang LSM Greenpeace untuk masuk ke wilayah Bali karena dapat mengganggu pelaksanaan kegiatan KTT G-20. Indonesia Jaya, Pemuda Ansor Jaya, G-20 Jaya, imbuhnya

Sebelumnya, Tim pesepeda Greenpeace Indonesia yang tengah melakukan kampanye Chasing the Shadow dihadang sekelompok orang tak dikenal dalam perjalanan menjelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali.

Orang-orang yang diduga melakukan intimidasi ini mengaku sebagai perwakilan warga Probolinggo, Jawa Timur. 

Kepala Greenpeace Indonesia Leonard Simanjuntak menyebut mereka dilarang berkampanye selama Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali berlangsung.

"Tim pesepeda sudah mengalami intimidasi sejak berada di Semarang, baik dari orang-orang tak dikenal maupun yang berseragam polisi," kata Leo dalam keterangan tertulisnya, Selasa (8/11).

Tindakan ini terjadi saat tim Greenpeace tengah singgah di Probolinggo, Senin, (7/11/2022). Sekelompok orang yang menghadang aksi itu mendatangi tim Greenpeace sambil menyatakan menolak kegiatan kegiatan kampanye Chasing the Shadow Greenpeace di Bali. 

Leo menyebut sekitar tujuh orang mengaku polisi sempat mendatangi tim Greenpeace yang sedang on air di sebuah stasiun radio di Semarang saat itu.

Mereka, kata Leo, menanyakan rencana aksi di Simpang Lima, Semarang, padahal Greenpeace tak berencana menggelar aksi di wilayah tersebut. Di Semarang, Greenpeace menggelar acara pameran foto, diskusi, dan pertunjukan musik di Gedung Oudetrap, Kota Lama.

Sumber: artik.id, sabangmeraukenews.com

Tim pesepeda Chasing the Shadow Greenpeace diadang sekelompok orang di Probolinggo. (Dok. Greenpeace Indonesia)