Penjelasan Ringkas KH Luthfi Bashori tentang Pecinta dan Pembenci Arab

 


Senin, 16 Januari 2023

Faktakini.info 

**************

ETNIS ARAB

**************

Penduduk Arab adalah orang-orang yang secara fisik proporsional; tidak terlalu tinggi dan tidak pendek. Tidak terlalu besar dan tidak kecil. Demikian juga warna kulitnya. Serta akhlak dan agamanya. Sehingga kebanyakan para nabi diutus di wilayah ini. Tidak ada nabi dan rasul yang diutus di wilayah kutub utara atau selatan. Para nabi dan rasul secara khusus diutus kepada orang-orang yang sempurna secara jenis (tampilan fisik) dan akhlak. Kemudian Ibnu Khaldun berdalil dengan sebuah ayat:

كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ


“Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia…” 

(QS. Ali Imran: 110) - (Muqaddimah Ibnu Khaldun, Cet. Bairut: Dar al-Kitab al-Albani. 

Hal: 141-142).


Karena pembicaraan pertama dalam ayat tersebut ditujukan kepada orang Arab, yakni para sahabat. Kemudian barulah umat Islam secara umum.

Secara realita, kita juga meyakini, memang ada bangsa yang unggul secara fisik. Contohnya Ras Mongoloid. Sebuah istilah yang pernah digunakan untuk menunjuk karakter umum dari sebagian besar penghuni Asia Utara, Asia Timur, Asia Tenggara, Madagaskar di lepas Pantai Timur Afrika, beberapa bagian India Timur Laut, Eropa Utara, Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Oceania. Memiliki ciri mata sipit, lebih kecil, dan lebih pendek dari Ras Kaukasoid.

Ras Kaukasoid adalah karakter umum dari sebagian besar penghuni Eropa, Afrika Utara, Timur Tengah, Pakistan dan India Utara. Walaupun penelitian sekarang telah merubah steorotip ini. Namun hal ini bisa kita jadikan pendekatan pemahaman, mengapa Ibnu Khladun menyebut Timur Tengah sebagai “Sakanaha”... Artinya ada fisik yang lebih unggul. Mereka yang sipit ingin mengubah kelopak mata menjadi lebih lebar. Mereka yang pendek ingin lebih tinggi. Naluri manusia menyetujui bahwa Kaukasia lebih menarik. Atau dalam bahasa lain lebih unggul secara fisik.

Namun Allah Ta'ala lebih hikmah dan lebih jauh kebijaksanaannya dari hanya sekedar memandang fisik. DIA lengkapi orang-orang Kaukasia yang ada di Timur Tengah dengan "Perangai Yang Istimewa". Hal ini bisa kita jumpai di buku-buku Sirrah tentang karakter bangsa "Arab" pra-Islam. mereka jujur, polos, berkeinginan kuat, dermawan, dan lain sebagainya. Kemudian Allah utuslah Nabi Besar kita yang kita cintai dan sayangi, Muhammad ﷺ di Negeri Arab.

Dalam Kitab Al-Mustadrok Juz 4: Hal 87

Rasulullah ﷺ bersabda dalam sebuah haditsnya :

• حُبُّ الْعَرَبِ إِيمَانٌ وَبُغْضُهُمْ نِفَاقٌ.

“Mencintai Arab adalah sebagian dari kesempurnaan Iman dan membencinya adalah tanda Kemunafikan” (Kitab Al-Mustadrok Juz 4: Hal 87).

• أَحِبُّوا الْعَرَبَ لِثَلاَثٍ : لِأَنِّي عَرَبِيٌّ وَالْقُرْآنَ 

عَرَبِيٌّ وَكَلاَمَ أَهْلِ الْجَنَّةِ عَرَبِيٌّ.

“Cintailah kamu sekalian Arab karena tiga hal: Karena sesungguhnya aku berbangsa Arab, Al-Qur'an menggunakan Bahasa Arab dan bahasa penduduk surga." (Kitab Al-Mustadrok Juz 4: Hal 87).

***********************************************

PENJELASAN RINGKAS KH. LUTHFI BASHORI TENTANG PECINTA DAN PEMBENCI ARAB

Era sekarang ini lagi musiman orang-orang beridentitas Islam, tapi membenci Arab. 

Padahal jika ada orang yang melihat kemunkaran di negeri Arab, maka bolehlah memerangi dan mengkritik perilaku kemungkarannya itu, tapi tanpa harus membenci Arab dan etnis-nya, karena ada implikasi hukum Islam terhadap para pembenci Arab tersebut.

ﻭﺃﺧﺮﺝ ﺍﻟﺘﺮﻣﺬﻱ ﻭﺍﻟﺤﺎﻛﻢ ﻭﻏﻴﺮﻫﻤﺎ ﻋﻦ ﺳﻠﻤﺎﻥ ﻗﺎﻝ ﻗﺎﻝ ﻟﻲ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ : ﻳﺎ ﺳﻠﻤﺎﻥ؛ ﻻ ﺗﺒﻐﻀﻨﻲ ﻓﺘﻔﺎﺭﻕ ﺩﻳﻨﻚ . ﻗﻠﺖ: ﻳﺎﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﻛﻴﻒ ﺃﺑﻐﻀﻚ ﻭﺑﻚ ﻫﺪﺍﻧﺎ ﺍﻟﻠﻪ! ﻗﺎﻝ : ﺗﺒﻐﺾ ﺍﻟﻌﺮﺏ ﻓﺘﺒﻐﻀﻨﻲ ﻗﺎﻝ : ﻫﺬﺍ ﺣﺪﻳﺚ ﺣﺴﻦ ﻏﺮﻳﺐ ﻭﻗﺎﻝ ﺍﻟﺤﺎﻛﻢ: ﻫﺬﺍ ﺣﺪﻳﺚ ﺻﺤﻴﺢ ﺍﻹﺳﻨﺎﺩ ﻭﻟﻢ ﻳﺨﺮﺟﺎﻩ.

Diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dan Al-Hakim dari Sayyidina Salman Al-Farizi (Sayyidina Salman Al-Farizi Radhiyallahu 'anhu adalah orang Persia bukan Arab). Bahwa Rasulullah ﷺ berkata kepadanya" "Wahai Salman. Janganlah kamu membenciku yang menjadikan kamu memisahi (keluar dari) agamamu." 

Maka Sayyidina Salman Radhiyallahu 'anhu pun bertanya: Wahai Rasulullah. Bagaimana mungkin aku membencimu, bahkan melalui dirimulah aku mendapatkan hidayah? 

Maka Rasulullah ﷺ menjawab: "Jika kamu membenci Arab maka sama saja dengan membenci aku."

Rasulullah ﷺ bersabda:

ﺣﺒﻮﺍ ﺍﻟﻌﺮﺏ ﻟﺜﻼﺙ: ﻷﻧﻲ ﻋﺮﺑﻲ، ﻭﺍﻟﻘﺮﺀﺍﻥ ﻋﺮﺑﻲ، ﻭﻛﻼﻡ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﺠﻨﺔ ﻋﺮﺑﻲ (ﺭﻭﺍﻩ ﺍﻟﻄﺒﺮﺍﻧﻲ ﻓﻲ ﺍﻟﻜﺒﻴﺮ ﻭﺍﻟﺤﺎﻛﻢ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﺴﺘﺪﺭﻙ ﻭﺍﻟﺒﻴﻬﻘﻲ ﻓﻲ ﺷﻌﺐ ﺍﻹﻳﻤﺎﻥ ﻋﻦ ﺍﺑﻦ ﻋﺒﺎﺱ )

“Cintailah Arab karena tiga perkara; Karena aku orang Arab, dan Al-Qur'an berbahasa Arab serta Lisan penduduk surga berbahasa Arab.” (HR. Atthabarani, Alhakim dan Albaihaqi).

ﻭﺃﺧﺮﺝ ﺍﻟﺤﺎﻛﻢ ﻭﺍﻟﻄﺒﺮﺍﻧﻲ ﻋﻦ ﺃﻧﺲ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﻗﺎﻝ : ﻗﺎﻝ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ: ﺣﺐ ﻗﺮﻳﺶ ﺇﻳﻤﺎﻥ ﻭﺑﻐﻀﻬﻢ ﻛﻔﺮ، ﻭﺣﺐ ﺍﻟﻌﺮﺏ ﺇﻳﻤﺎﻥ ﻭﺑﻐﻀﻬﻢ ﻛﻔﺮ، ﻓﻤﻦ ﺃﺣﺐ ﺍﻟﻌﺮﺏ ﻓﻘﺪ ﺃﺣﺒﻨﻲ، ﻭﻣﻦ ﺃﺑﻐﺾ ﺍﻟﻌﺮﺏ ﻓﻘﺪ ﺃﺑﻐﻀﻨﻲ

Diriwayatkan oleh Imam Alhakim dan Ath-Thabarani, dari Sayyidina Anas Radhiyallahu 'anhu, bahwa Rasulullah ﷺ bersabda: “Mencintai Quraisy adalah keimanan dan membenci mereka adalah kekufuran, 'Mencintai Arab adalah Keimanan' dan 'Membenci Arab adalah Kemunafikan' barangsiapa mencintai Arab, ia telah mencintaiku dan siapa membenci Arab ia telah membenciku.”

ﻋﻦ ﻋﻠﻲ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﻗﺎﻝ: ﻗﺎﻝ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ: ‏( ﻻ ﻳﺒﻐﺾ ﺍﻟﻌﺮﺏ ﺇﻻ ﻣﻨﺎﻓﻖ ‏) ﺭﻭﺍﻩ ﺃﺣﻤﺪ

Dari Sayyidina Ali Karamallahu Waj'hah, bahwa Rasulullah ﷺ bersabda: “Tidak ada yang membenci Arab itu kecuali munafiq”. (HR. Imam Ahmad).

SIMAK JUGA 👇

√ UNTUK PARA PEMBENCI ARAB :

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=1440657156324634&id=100011410892089

√ Rahasia Dipilihnya Jazirah Arab Sebagai Tempat Kelahiran Islam - Kalam Asy-syaikh Muhammad Said Ramadhan Al-Buthy (Part 1):

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=954628774927477&id=100011410892089


√ Rahasia Dipilihnya Jazirah Arab Sebagai Tempat Kelahiran Islam - Kalam Asy-syaikh Muhammad Said Ramadhan Al-Buthy (Part 2):

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=954629411594080&id=100011410892089

Foto: Omar Borkan, salah satu bangsa Arab dari UEA

Posting Komentar untuk "Penjelasan Ringkas KH Luthfi Bashori tentang Pecinta dan Pembenci Arab"