KH Luthfi Bashori: Hasil Jual Rumah Terlalu Mahal, Tidak Berkah

 



Sabtu, 5 Agustus 2023

Faktakini.info

HASIL JUAL RUMAH TERLALU MAHAL, TIDAK BERKAH

Luthfi Bashori

Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa menjual sebuah rumah dengan harga (mahal) yang tidak sesuai dengan keadaannya, niscaya ia tidak akan mendapat berkah dari penjualannya itu.” (HR. Imam Ibnu Majah RA).


Menjual sebuah rumah dengan harga yang tidak sepantasnya karena terlalu mahal, atau harga tidak sesuai dengan keadaan rumah tersebut, maka hasil penjualannya tidak akan mengandung berkah.


Saat ini bisnis real estate semakin menjamur dalam mengembangkan bisnis properti di hampir setiap pojok kota, bahkan sudah masuk di perkampungan hingga pedesaan.


Ramainya persaingan bisnis perumahan ini, tentu sangat membantu dan memudahkan warga yang ingin memiliki hidup lebih bermartabat, minimal dapat dimulai dengan memiliki rumah hunian pribadi.


Sekecil apapun bentuk dan tipe rumah yang telah dimiliki oleh seseorang, maka saat itulah kehidupannya akan lebih tertata dan ke depan akan dapat menjanjikan kemapanan dalam menjalani kehidupan berumah tangga.


Tentu sangat berbeda kondisi sebuah rumah tangga yang masih bersifat kontrak atau sewa rumah untuk ditempati, dengan mereka yang sudah ditakdirkan dapat memiliki rumah pribadi.


Untuk itu diharapkan agar para pengembang real estete itu ikut berempati terhadap keluarga-keluarga yang ekonominya masih baru merangkak, hingga para pengembang itu dapat menyediakan rumah-rumah hunian, namun dengan harga yang sangat terjangkau oleh masyarakat kelas menengah ke bawah, yang secara ekonomi tentunya belum terlalu mapan, tetapi mempunyai keinginan kuat untuk berkembang di masa mendatang.


Di samping upaya untuk membantu masyarakat yang sedang belajar hidup lebih mapan, maka para pengembang yang bersifat atau mempunyai pemikiran sosial seperti itu, maka kehidupan dan rezekinya akan ditambah oleh Allah, minimal dalam keberkahannya.


Tentu sangat berbeda dengan para pengembang property yang dalam konsep bisnisnya hanya ada profit oriented semata, tanpa ada nilai sosial sedikitpun.


Pengembang semacam ini, walau secara hitungan kalkulasi akan dapat cepat meraih kekayaan, namun seringkali kekayaannya itu tidak diberkahi, bahkan tidak jarang harta yang melimpah itu justru semakin menyulitkan pemiliknya, karena semakin banyak pula cobaan yang diturunkan kepadanya oleh Allah sebagai ujian.

Posting Komentar untuk "KH Luthfi Bashori: Hasil Jual Rumah Terlalu Mahal, Tidak Berkah"