(Video) Berkah, Haul Syech Abubakar bin Salim 2023 di Cidodol

 




Ahad, 20 Agustus 2023

Faktakini.info, Jakarta - Hari ini Ahad (20/8/2023) pagi berlangsung acara Haul Syekh Abubakar bin Salim di Komplek Hankam, Cidodol Jakarta Selatan. 

Sabtu (19/8) malam atau sehari sebelumnya acara Rauha Haul Syekh Abubakar bin Salim juga telah digelar di kediaman Habib Muchsin Alhamid atau di lokasi yang sama dengan Haul Akbar.

Ratusan ribu umat Islam dan para pecinta Dzurriyah Rasulullah SAW sejak Ahad pagi sudah datang berbondong-bondong untuk menghadiri Haul yang dihadiri oleh para Ulama dan Habaib dari dalam dan luar negeri itu.

Lautan jamaah memadati lokasi haul dan jalan-jalan di sekitarnya.

Diantara para Habaib yang hadir adalah Habib Muchsin Alhamid (Shohibul Bait), Ketua Umum DPP Rabithah Alawiyah Habib Taufiq bin Abdul Qodir Assegaf, Habib Fadel Muhammad Alhaddar, Habib Dr Salim Segaf Aljufri, Habib Muhammad bin Thahir Alhamid, Habib Ahmad bin Zein Alkaff, Habib Ahmad dan Habib Jindan bin Jindan dan lainnya.

Rangkaian acara dimulai sejak pukul tujuh pagi dengan pembacaan Dzikir, Sholawat, Yasin, Tahlil serta doa-doa yang disusun oleh Syekh Abubakar bin Salim dan lainnya. Seluruh acara berlangsung dengan lancar dan berkah.
 
Dalam ceramahnya Habib Umar bin Hafidz antara lain mengatakan para pembela agama Allah akan terus bermunculan termasuk di Indonesia.

Acara ditutup saat adzan dzuhur berkumandang, dan kemudian para  jamaah menikmati hidangan nasi kebuli yang disediakan oleh panitia.

Syekh Abubakar bin Salim (13 Jumadil Akhir tahun 919 - 27 Dzulhijjah tahun 992 Hijriah) atau dikenal juga dengan sebutan Shaikh Abubakr bin Salim yang digelari al-Fakrul Wujud dan Shohibul Inat adalah ulama yang mengembangkah dakwah pada abad 9 Hijriah di Inat Tarim Hadramaut Yaman.

Secara silsilah, Syekh Abubakar merupakan keturunan (dzuriyat) dari Rasulullah Muhammad SAW yang bersambung melalui Fathimah azzahrah dan Ali bin Abu Thalib ra.

Berikut adalah silsilah Syekh Abubakar bin Salim:

Syekhabubakar bin Salim bin Abdillah bin Abdurahman bin Abdullah bin Abdurahman Assegaf bin Muhammad Al-Mudawailah bin ‘Ali bin ‘Alwi Al-Ghuyur bin Muhammad bin ‘Ali bin Muhammad Shahib Mirbath bin ‘Ali bin ‘Alwi bin Muhammad bin ‘Alwi bin Ubaidillah bin Ahmad Al-Muhajir bin ‘Isa Ar-Rumi bin Muhammad An-Naqib bin ‘Ali Al-Uraidhi bin Ja’far As-Shadiq bin Muhammad Al-Baqir bin ‘Ali Al-Ashghar Zainal Abidin bin Husein Sayyidus Syuhada bin ‘Ali Karaamallahu wajhah wa Sayyidatina Fathimah Az-Zahra binti Rasulullah Muhammad S.A.W. .

Semasa hidupnya beliau mempunyai beberapa wirid termasuk Wirdul kabir dan Wirdul Shaghir serta selawat. Antara lain sebuah amalan wirid miliknya yang disebut Hizb al-Hamd wa al-Majd yang ia diktekan kepada muridnya sebelum fajar tiba di sebuah masjid. Itu adalah karya terakhir yang disampaikan ke muridnya, Allamah Faqih Syeikh Muhammad bin Abdurrahman Bawazir pada tanggal 8 bulan Muharram tahun 992 H.

Syeikh Abubakar bin Salim juga banyak menulis kitab, terutama yang berhubungan dengan masalah tasawwuf, antara lain Miftah as-Sara’ir wa Kanz adz-Dzakha’ir yang beliau susun sebelum usianya melampaui 17 tahun. Mi’raj Al-Arwah yang membahas ilmu hakikat. Beliau memulai menulis buku ini pada tahun 987 H dan menyelesaikannya pada tahun 989 H. 

Fath Bab Al-Mawahib yang juga mendiskusikan masalah-masalah ilmu hakikat. Ia memulainya di bulan Syawwal tahun 991 H dan dirampungkan dalam tahun yang sama tangal 9 Dzulhijjah. Ma’arij At-Tawhid, serta sebuah diwan yang berisi pengalaman pada awal mula perjalanan spiritualnya.












Klik video:





Posting Komentar untuk "(Video) Berkah, Haul Syech Abubakar bin Salim 2023 di Cidodol"