Banjir Dahsyat Landa Libya, Korban Tewas Capai 6 Ribu Orang

 




Kamis, 14 September 2023

Faktakini.info, Jakarta - Korban tewas akibat banjir mematikan di kota Derna di timur Libya bertambah menjadi 6.000 orang, lapor berita resmi negara itu.

Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Dalam Negeri Libya dari pemerintah yang ditunjuk oleh Dewan Perwakilan Rakyat di wilayah timur mengatakan ribuan orang masih hilang, menurut kantor berita tersebut.

“Tim penyelamat lokal masih terus melakukan operasi pencarian orang hilang,” kata Mohamed Aboulmosha, pejabat kementerian informasi.

Pada Senin, Dewan Kepresidenan Libya mengimbau negara-negara sahabat dan kelompok bantuan internasional untuk memberikan bantuan ke daerah yang dilanda banjir di wilayah timur.

Kota-kota lain yang terkena dampak bencana akhir pekan ini antara lain Benghazi, Bayda, Al Marj, dan Soussa.

Abdul Hamid Dbeibeh, kepala pemerintahan persatuan Libya yang berbasis di Tripoli, mengumumkan semua wilayah yang terkena banjir mematikan sebagai zona bencana, dan mengumumkan tiga hari berkabung secara nasional.

sumber: anadolu

...

Libya 🇱🇾 : Ringkasan bencana Topan Daniel membobol dua bendungan raksasa di negara Libya.

 🌑Total kematian: 20.000+, 7.000+ luka-luka, lebih dari 10.000+ hilang, dan 30.000+ kehilangan tempat tinggal.

Setelah dua unit bendungan raksasa jebol, pada Senin 11/09/2023.Libya 

Apa yang terjadi dengan Libya 🇱🇾??

 🌀Topan Daniel adalah siklon tropis. Mirip dengan badai tropis di Laut Mediterania yang terbentuk pada tgl 4.09.2023, sebelum sampai ke Libya, badai ini telah menerjang Turki, Yunani, dan Bulgaria sehingga menyebabkan banjir yang meluas beberapa negara trsb. Sebelum kekuatan usai di laut Mediterania Badai kemudian bergerak menuju timur laut Libya, dan kembali meningkat intensitasnya. Menyebabkan hujan lebat di Libya, total curah hujan mencapai 414 milimeter dalam waktu singkat.

 🌀Kota Derna, Libya, dikelilingi oleh pegunungan, kota pelabuhan, muara sungai, berpenduduk 90.000 jiwa, 25% wilayah kota telah hilang, disebut sebagai "bencana" dengan banyak orang hilang dalam sejarah mereka.

 🌀Dua bendungan jebol setelah badai melanda pada 9-10/09/2023 Pada hari ke 11, bendungan jebol. Bendungan pertama berada di hulu 12 km dari kota Derna. Kota pelabuhan ini dipenuhi tempat² wisata dan hotel, dikelilingi pegunungan, dengan sungai yang mengalir. Bendungan trsb berada di tengah-tengah pemukiman masyarakat. 

Bendungan pertama jebol, dan massa air mengalir ke bendungan kedua, yang berjarak kurang lebih 5 km berdekatan dengan masyarakat, menyebabkan bendungan 1 dan 2 jebol dalam hitungan menit secara bersamaan. Sejumlah besar air mengalir ke laut yang melewati tengah kota Derna. Ketinggian air lebih dari 3 meter, mengalir deras, sungai Mae Lak dulunya sempit, tersapu banjir hingga meluas berkali-kali sejak bendungan jebol. Di kawasan sepanjang sungai, hampir seluruh bangunan lenyap.

 **Angka kerugian dilaporkan oleh pihak berwenang Libya. Jumlahnya diperkirakan akan meningkat. selain Derna Ada kota-kota lain di sekitarnya yang juga terkena dampaknya.

Kota Derna memiliki populasi.

 90.000 orang, lebih dari 25% wilayah Derna hancur akibat jebolnya bendungan.

📷 by:/路透社、美聯社


















Posting Komentar untuk "Banjir Dahsyat Landa Libya, Korban Tewas Capai 6 Ribu Orang"