Fakta Menarik Keberhasilan Timnas Indonesia U-23 ke Piala Asia U-23 2024

 


Kamis, 14 September 2023

Faktakini.info, Jakarta - Fakta menarik mengenai keberhasilan Timnas Indonesia U-23 ke Piala Asia U-23 2024. Berikut selengkapnya: 


1. Sejarah Tercipta! 


Indonesia lolos ke Piala Asia U-23 untuk pertama kalinya sepanjang sejarah. Garuda Muda akan bersaing dengan negara-negara tangguh di Benua Kuning. 


Piala Asia U-23 2024 dihelat di Qatar. Ajang ini berlangsung 15 April-3 Mei 2024. 


2. Ivar Jenner Gol Debut 


Ivar Jenner cetak gol debut bersama Timnas Indonesia. Proses golnya juga cukup menarik. 


Pemain Utrecht itu melepaskan sepakan keras dari luar kotak penalti. Bola mengenai pemain Turkmenistan sehingga berbelok arah dan mulus bersarang ke gawang. 


3. Tangan Dingin Shin Tae-yong 


Shin Tae-yong sekali lagi membuktikan kejeniusannya. Dia berhasil membawa tiga kelompok umur Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia. 


Rinciannya yaitu senior, U-23, dan U-20. Nama juru taktik Korea Selatan itu makin dielu-elukan pencinta sepak bola Tanah Air. 


4. Indonesia ikuti Vietnam 


Wakil ASEAN yang pertama kali lolos yaitu Vietnam, disusul Indonesia, lalu Thailand dan Malaysia sebagai runner up terbaik ke-4. 


5. Pratama Arhan Bucin 


Pratama Arhan mencetak dua gol di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Torehan itu diciptakannya ke gawang Taiwan dan Turkmenistan. 


Uniknya, dia selalu berselebrasi untuk sang istri tercinta Azizah Salsha. Kini bek Tokyo Verdy itu dijuluki Pratama Bucin Arhan. 


Pratama Arhan punya cara spesial menunjukkan kecintaan kepada istrinya, Nurul Azizah Rosiade. Ia menyiapkan kaos spesial di balik seragamnya andai dia mencetak gol. 


Benar saja, Arhan kembali masuk papan skor. Pria asal Blora itu jadi satu-satunya pemain Indonesia U-23 yang berhasil meggetarkan gawang di dua laga tersebut. 


Pemain yang kini bermain di Tokyo Verdy itu pun langsung menyingsingkan seragamnya. Nama Azizah dan tanggal pernikahan mereka terpampang di kaos tersebut. 


6. Timnas Indonesia menjadi juara Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 dengan 

menuai dua kemenangan tanpa kebobolan. Tim Merah Putih secara total mengemas 11 gol, dengan perincian sembilan gol disarangkan ke gawang Taiwan dan dua lainnya saat bertemu Turkmenistan. 


7. Marselino Ferdinan dan Pratama Arhan menjadi top skor bagi Timnas Indonesia U-23 pada fase kualifikasi. Marselino dan Arhan mencetak dua gol. 


Marselino memborong dua gol dalam kemenangan besar Timnas Indonesia U-23 atas Taiwan. Sementara Arhan mencetak satu gol masing-masing ke gawang Taiwan dan Turkmenistan. 


8. Arhan selalu menjadi pencetak gol penutup Timnas Indonesia U-23 dalam laga kualfikasi. Saat Indonesia bertemu Taiwan, Arhan mencetak gol pada menit ke-85. Sementara pemain Tokyo Verdy itu membobol gawang Turkmenistan pada saat injury time babak kedua. 


9. Marselino mencetak dua gol ke gawang Taiwan bertepatan dengan hari ulang tahun ke-19 pada 6 September 2023. 


10. Kemenangan 9-0 yang dibukukan Timnas Indonesia U-23 saat menghadapi Taiwan bukan kemenangan terbesar di ajang Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Rekor skor terbesar yang tercipta pada fase penyisihan ini dibuat Irak yang mengalahkan Makau 13-0. 


11. Terdapat sembilan pemain Indonesia yang mencetak gol selama babak kualifikasi. Selain Marselino dan Arhan yang mencetak dua gol, terdapat pula Ramadhan Sananta, Rafael Struick, Witan Sulaeman, Ilham Rio Fahmi, Elkan Baggott, Hokky Caraka, dan Ivar Jenner yang masing-masing membuat satu gol. 


12. Indonesia merupakan salah satu negara yang mencatatkan clean sheet dalam laga kualifikasi selain Thailand, Uni Emirat Arab, Yordania, Korea Selatan, dan Jepang.


13. Dominasi penuh skuad Garuda Muda tak terelakkan dalam dua laga tersebut. Alhasil, Ernando Ari tak mendapat ancaman di laga pertama kontra Cina Taipei U-23. 


Baru pada laga kontra Turkmenistan U-23, ia sedikit bekerja keras. Priyev Ruslan melepaskan tembakan terarah pertama ke gawang Indonesia pada menit pertama. 


Tetapi pada akhirnya, itu jadi satu-satunya peluang Turkmenistan. Sementara Ruslan mengalami masalah usai menendang bola yang membuatnya ditarik cepat. 


14. Indonesia U-23 selalu menguasai penuh jalannya permainan. Catatan penguasaan bola mereka terbilang mengerikan. 


Di laga perdana, Indonesia menguasai bola hingga 69%. Sementara di laga kedua ini, Ivar Jenner dkk merebut kendali permainan hingga 71%. 


Catatan itu memang tak bisa dijadikan patokan saat menghadapi lawan yang lebih tangguh. Tapi ini menunjukkan bila Indonesia berada di tangan orang yang tepat.


berbagaisumber

Posting Komentar untuk "Fakta Menarik Keberhasilan Timnas Indonesia U-23 ke Piala Asia U-23 2024"