Berkah, Acara Maulid Nabi SAW di Masjid Keramat Luar Batang

 





Rabu, 18 Oktober 2023

Faktakini.info, Jakarta - Ratusan ribu jamaah menghadiri acara Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Jami Keramat Luar Batang dan Makam Habib Hussein bin Abubakar Alaydrus, Penjaringan Jakarta Utara, Ahad (15/10/2023).

Acara Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Keramat Luar Batang dan Makam Habib Hussein bin Abubakar Alaydrus ini sudah berlangsung selama ratusan tahun dan selalu dihadiri umat Islam dari berbagai daerah di Indonesia maupun luar negeri.

Rangkaian acara dimulai dengan pembacaan Rouhah Qutubus Salaf berupa pembacaan sholawat, dzikir dan lainnya pada pukul 07.00 WIB.

Kemudian para jamaah berziarah ke Makam Habib Hussein bin Abubakar Alaydrus, dilanjutkan dengan pembacaan rawi Maulid. 

Habib Hussein bin Hasan bin Abubakar Alaydrus selaku Mutawali atau Khalifah nya makam Keramat Luar Batang, mengucapkan selamat datang untuk para jamaah yang hadir, dan mengucapkan terima kasih untuk semua pihak yang membantu kesuksesan acara ini.

Penceramah pada kegiatan kali ini adalah perwakilan dari NU DKI, Ketua Umum DPP Rabithah Alawiyah Habib Taufiq bin Abdul Qodir Assegaf dan Habib Hanif bin Abdurrahman Alatas.

Dalam ceramahnya, KH Muhiddin Ishak perwakilan NU DKI menegaskan NU DKI akan selalu memuliakan Habaib dan mengabaikan serangan dari pihak-pihak yang selama ini menyerang dan memfitnah nasab Habaib. Ia pun menegaskan siap mengerahkan seribu anggota Banser NU untuk ikut mengawal acara Maulid di Luar Batang untuk tahun depan jika disetujui oleh para Habaib.

Sementara Habib Hanif menyuarakan pentingnya umat Islam memberikan dukungan untuk rakyat Palestina khususnya di Jalur Gaza yang menderita akibat serangan brutal dan kebiadaban zionis Israel.

Seluruh rangkaian acara berlangsung dengan tertib. Acara ditutup pukul 11.30 WIB dan setelah sholat dzuhur para jamaah menikmati hidangan nasi kebuli yang disediakan oleh panitia.

Sehari sebelumnya, Sabtu (14/10) acara Maulid di Masjid Alhawi Cililitan, Condet Jakarta Timur juga berlangsung dengan sukses dan berkah.