Kisah menarik, Abuya Uci Menegur Al Kabury (Menyemprot Pembenci Habaib)

 




Ahad, 15 Oktober 2023

Faktakini.info

Kisah menarik, Abuya Uci Menegur Al Kabury

(Postingan Ustadz Muhammad Rizky Haetami)

Abuya Uci Turtusi rahimahullah rahmatan wasi’ah. Beliau merupakan sosok ulama karismatik berasal dari Cilongok, Pasar Kemis, Tangerang, Banten. Dikenal sebagai salah satu ikon tokoh ulama Banten kontemporer yang ahli di bidang ilmu Tashawuf. 

Pernah suatu ketika, pas beliau masih hidup, disodorkan lah perkara kontroversial Al-Kaburi saat 2020 yang mengatakan bahwa “Ahlul bait itu hanya Ahlul Kisa saja, artinya Habaib itu bukan ahlul bait”. Maka beliau menanggapi dengan tegas seraya mengatakan: Bejakeun ka manehna, hayang duit sabaraha duit, kena datang kadie (Cilongok)”. Dalam bahasa Indonesia artinya:

“Sampaikan kepadanya (Al-Kaburi), mau uang berapa duit ? Suruh saja datang ke sini ke Cilongok”. Artinya apa? Artinya beliau amat sangat tegas menentang Al-Kaburi dengan segala fitnah kontroversialnya. Maka kemudian beliau pun tahu, bahwa apa yang dilakukan oleh Al-Kaburi adalah sebuah pesanan yang menghasilkan. Karena memang tidak mungkin ada makan siang gratis. Singkat kata, beliau rahimahullah pun menyuruh agar AlKaburi datang ke rumah-nya, kalau mau duit tinggal bilang pengen berapa. Jangan kemudian karena pesanan (beruang) lantas menuai fitnah melalui statement kontroversial bahwa Habaib bukan ahlul bait. 


Tapi apa mau dikata ? Rupa-rupanya, sedikitpun Al-Kaburi tak mengindahkan kalam nasihat beliau. Itu terjadi pada saat 2020, awal di mana Al-Kaburi bertindak sebagai makelar fitnah yang menyerang Ba’ Alawy, dan terus bertubi-tubi fitnah yang dia lakukan hingga saat ini. Semoga kita semua dipelihara dari aneka ragam fitnah Al-Kaburi dan fitnah-fitnah lainnya. 


Untuk Al-Marhum wal-Maghfru lah Abuya Uci, sya’iun lanaa walahum al-Faaatihah.

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=295765466675471&id=100087260587669&mibextid=Nif5oz