Sandy Walsh tolak Persija, pilih terus main di Eropa

 




Sabtu, 21 Oktober 2023

Faktakini.info, Jakarta - Bek Timnas Indonesia kelahiran Belgia, Sandy Walsh, ternyata pernah didekati oleh salah satu klub Liga 1.


Klub yang dimaksud adalah Persija Jakarta. Sang raksasa ibu kota diketahui beberapa kali mengajukan penawaran kepada Sandy Walsh, tapi dia menampiknya.


"Penawaran mereka (Persija Jakarta) sama sekali tidak buruk, bahkan menurut saya cukup bagus. Tapi, momen saya main di Liga Indonesia belum tiba," kata fullback yang kini membela KV Mechelen di Liga Belgia itu.


"Untuk timnas, saya akan selalu ada di sini. Namun, jika bicara liga, saya ingin main di Eropa selama yang saya bisa. Jadi, kita lihat saja," dia menambahkan.


Meski demikian, Sandy Walsh mengisyaratkan tertarik untuk mencicipi kompetisi di tanah leluhurnya suatu saat nanti. 


Sebelum pensiun, dia ingin melakoni tantangan baru, dan main di Liga 1 bisa menjadi salah satu opsi.


"Saya ingin datang dalam keadaan bugar, mungkin di usia 35 tahun bisa terjadi, jika saya terus menjaga kondisi," kata Sandy Walsh.


"Mungkin saat itu juga liganya (Liga 1) sudah lebih profesional, yang tentu saja sangat bagus. Saya bisa main dua-tiga musim di Indonesia, kenapa tidak?" pemain 28 tahun itu menambahkan.


Soal Liga 1, Sandy Walsh menilai bahwa saat ini klub-klubnya memang masih tertinggal dibanding tetangga macam Thailand atau Malaysia.


Namun, dia yakin dalam beberapa tahun ke depan, gap tersebut bisa dikikis lewat penyelenggaraan kompetisi yang lebih profesional.


"Saya tak bisa komentar banyak karena hanya bisa melihat dari luar dan mendengar info dari sana-sini. Tapi, saya percaya liga lokal Indonesia terus berusaha menjadi lebih baik," ujar jebolan akademi Anderlecht itu.


"Saya lihat kiprah klub-klub Indonesia di Liga Champions Asia dan kompetisi lain, memang ada perbedaan dengan tim Thailand atau Malaysia. Saya harap, dalam beberapa tahun, jaraknya bisa makin dekat. Kita harus menaikkan kualitas liga," tambahnya.


[Skor]