Saudi Berjanji Terus Mendukung Rakyat Palestina

 



Kamis, 12 Oktober 2023

Faktakini.info, Jakarta - Dewan Menteri Arab Saudi menegaskan kembali dukungannya yang berkelanjutan kepada rakyat Palestina untuk mencapai hak-hak mereka yang sah, menekankan pentingnya menghentikan eskalasi di Gaza dan sekitarnya serta mencegah meluas di wilayah tersebut. 

Khadimul Haramain, Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud, memimpin sidang yang diadakan Dewan Menteri, hari Selasa (10/10/2023) ini, di Riyadh. Dewan Menteri diberi pengarahan tentang isi pembicaraan antara Khadimul Haramain dan Putra Mahkota dengan para pemimpin sejumlah negara bersaudara dan sahabat selama beberapa hari terakhir.

Selanjutnya membahas isi percakapan telepon antara Putra Mahkota Arab Saudi, Muhammad bin Salman dengan Presiden Palestina, Raja Kerajaan Yordania, dan Presiden Republik Mesir.

Arab Saudi dalam hal ini menekankan upaya lebih lanjut untuk berkomunikasi dengan semua pihak internasional dan regional guna menghentikan eskalasi di Gaza dan sekitarnya.

Upaya ini juga untuk mencegah perluasan konflik di wilayah tersebut serta terus mendampingi rakyat Palestina untuk mendapatkan hak-hak mereka yang sah, mewujudkan harapan dan aspirasi mereka, serta mencapai perdamaian yang adil dan abadi.

Usai sidang, Menteri Penerangan Salman bin Youssef Al-Dosari menjelaskan bahwa Dewan Menteri kemudian meninjau hasil keseluruhan partisipasi Kerajaan dalam sejumlah pertemuan regional dan internasional.

Sebelumnya, Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman (MBS), dan Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, hari Senin mengadakan diskusi telepon mengenai situasi di Jalur Gaza.

Dalam diskusi tersebut, MBS menegaskan bahwa Arab Saudi sedang berkomunikasi dengan seluruh pihak internasional dan regional untuk menghentikan serangan dan mencegah meluasnya konflik di wilayah tersebut.

Dia juga menekankan pentingnya mematuhi hukum kemanusiaan internasional dan menghindari menjadikan warga sipil sebagai sasaran.

MBS mengatakan Saudi selalu memberikan dukungan yang teguh kepada rakyat Palestina dalam upaya mereka untuk mendapatkan hak-hak yang sah, mewujudkan harapan, aspirasi mereka, dan mencapai perdamaian yang adil dan abadi.

Sementara itu, Abbas menyampaikan apresiasinya kepada pimpinan pemerintahan (Arab Saudi) dan mengapresiasi sikap serta upaya negara yang selalu mendukung rakyat Palestina untuk mendapatkan keadilan.

Untuk diketahui, Mahmoud Abbas adalah otoritas Palestina yang berkator di Tepi Barat yang lebih dekat dengan Barat dan ‘Israel’. Sementara, serangan kejam yang dilakukan ‘Israel’ banyak ditujukan di Gaza, yang dikuasai pemerintahan Hamas, yang tetap istikomah mengobarkan perlaawanan kepada pihak penjajah sejak ‘Negara ‘Israel’’ didirikan.*

Sumber: hidayatullah.com