[Video] Sukses, Aksi Bela Palestina di Jakarta, Lampung, Karawang, Ciamis, Balikpapan dll

 





Jumat, 20 Oktober 2023

Faktakini.info, Jakarta  - Ribuan mahasiswa aktivis dakwah kampus yang tergabung dalam Forum Silaturahmi Lembaga Dakwah Kampus (FSLDK) se-Jakarta, Depok dan Bekasi menggelar aksi solidaritas Palestina di depan Kantor Kementerian Luar Negeri RI, di Jl Pejambon, Jakarta Pusat, Jumat sore (20/10/2023).

Tak hanya mahasiswa, sejumlah aktivis lembaga kemanusiaan, seperti Adara Relief International, Sapa Islam, dan elemen lain juga turut bergabung.

Di antara tokoh aktivis dakwah kampus yang hadir menyampaikan orasi lain Muhammad Wildan (Ketua FSLDK se-Jadebek), Rezky Alfian Fatra (Ketua Salam UI), Muhammad Hammam Jafar (Ketua LDK Salim UNJ), dan Razaq Hamam Alamsyah (Ketua LDK Syahid UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Sebelumnya mahasiswa berkumpul di Masjid Istiqlal, Jakarta. Usai mengikuti shalat Jumat, mereka melakukan long march ke depan Kantor Kemenlu. Tak lama setelah tiba di lokasi aksi, lima perwakilan mahasiswa langsung diterima audiensi oleh pihak Kemenlu.

Tujuan para aktivis dakwah mahasiswa itu ke Kemenlu tak lain dan tak bukan adalah untuk memastikan diplomasi Indonesia yang aktif mendukung pembebasan Palestina dari segala bentuk penjajahan serta penistaan nilai kemanusiaan dan keadilan

Dalam orasinya, para mahasiswa sepakat mendukung kemerdekaan Palestina dari segala bentuk penjajahan, sebagaimana tercermin dalam landasan konstitusional Indonesia.

Para mahasiswa juga mengingatkan bahwa Indonesia memiliki utang sejarah karena jasa seorang mufti besar Palestina, Syekh Muhammad Amin Al-Husaini yang mengakui kemerdekaan Republik Indonesia pertama kali. Kemudian seorang saudagar asal Palestina Muhammad Ali Taher juga turut membantu kemerdekaan Indonesia.

Asma Nadia, seorang novelis muslimah terkenal, turut berorasi di atas mobil komando. Asma mengajak ribuan mahasiswa yang hadir untuk membela Palestina melalui jalur tulisan dan media sosial.

“Kita semua bisa jadi penulis untuk melawan narasi-narasi yang membenarkan kebiadaban dan terorisme,” kata dia.

Asma juga mengajak para mahasiswa untuk menyebarluaskan informasi-informasi tentang Palestina. Bahwa yang terjadi di Palestina adalah pembantaian. “Masih banyak masyarakat kita yang diam,” kata dia.

Pendiri Sekolah Pemikiran Islam (SPI) Akmal Sjafril mengajak para aktivis dakwah kampus untuk terus mendukung perjuangan umat Islam di Palestina. Dukungan itu, kata Akmal, bisa dilakukan melalui media sosial. “Masih banyak di media sosial yang membela Israel,” kata dia.

Bagi Akmal, Palestina merdeka adalah harga mati, tak dapat ditawar lagi. Sebab itu dia anggap sebagai solusi atas problem saat ini. “Palestina harus merdeka, Israel harus bubar,” katanya.

Sumber: suaraislam.id

Sementara itu Lapisan masyarakat dukung Aliansi Masyarakat Lampung (AML) menggelar Aksi Bela Palestina, Sabtu (21 Oktober 2023), yang dimulai pukul 10.00 WIB, dengan titik kumpul di depan Masjid Taqwa, Jl. Kotaraja, Bandarlampung.

Berbagai partisipasi disampaikan dari memberikan tempat berwudhu, air berwudhu, air minum mineral dipinggiran jalan yang akan dilalui dan pada lokasi aksi di Tugu Gajah Bandarlampung.

"Saya akan menyiapkan air mineral untuk para mujahid dan mujahidah yang turun aksi di Hari Sabtu besok. Ini wujud kepedulian terhadap mereka yang menyuarakan perlawanan terhadap kedzoliman. Kami akan berposko di Jl. Raden Intan," ujar warga yang hanya ingin disebut Hamba ALLAH.

Tidak hanya air mineral, beberapa pihak juga menyatakan akan mempersiapkan air sebanyak apapun untuk berwudhu. Hal itu karena diketahui peserta aksi akan sholat berjemaah di area Tugu Gajah dan melaksanakan Sholat Ghaib.

Sedangkan alas untuk Massa Aksi Palestina juga berdatangan mulai dari Lampung Utara, Lampung Tengah, Lampung Selatan, dan Bandarlampung.

Seorang Mujahidah yang sealu bergerak dan tidak dia setiap ada kedzoliman, Bunda Merry, juga "turun gunung" setelah di kriminalisasi membela kebenaran saat menggelar AKSI BELA ISLAM, tahun 2022 lalu, di Kotabumi, Lampung Utara.

Bunda Merry menegaskan mereka akan datang dengan bus ke Bandarlampung dalam kegiatan tersebut. Tidak mungkin berdiam diri dan tidak gentar setelah apa yang dialaminya.


"Kami akan hadir dengan massa yang tidak sedikit

dari Lampung Utara. Untuk itu kami juga mengajak masyarakat Bandarlampung turun kejalan menyuarakan perlawanan terhadap penindasan dan kedzoliman di Palestina oleh Israel dan sekutunya," ujar Bunda Merry, yang juga ketua BKMT Lampung Utara dan Ketua Mujahidah Lampung.


Sementara itu salah satu pemrakarsa kegitan sekaligus ditunjuk koordinator lapangan, Gunawan Pharikesit, mengucapkan rasa syukurnya atas respon masyatakat yang penuh kepedulian terhadap saudara-saudaranya di Palestina.

"Sampai saat ini suasana di jalur Gazza dan sekitarnya masih sangat mencekam dan dalam ketidak-pastian. Orangtua dan anak-anak kelaparan, bahkan ribuan kehilangan nyawa. Untuk itu kepedulian masyarakat akan menjadi hujjah mereka dihadapan ALLAH SWT kelak," ujar Gunawan Pharrikesit, yang juga seorang advokat.

Hal senada disampaikan Ustaz Firmansyah, sebagai wakil koordinator lapangan, yang mengatakan sampai saat ini banyak masyarakat yang menghubunginya untuk berpartisipasi pada Aksi Bela Islam, yang diprakarsai oleh Aliansi Masyatakat Lampung (AML).

"Kami juga akan melaksanakan Sholat Ghaib berjemaah setelah Sholat Dzuhur di area tugu gajah. Selain orasi acara juga akan dirangkai dengan Tilawah Qur'an, manaqiban, do'a dan donasi," ungkap Ustaz Firmansyah.

Aktovis Islam lainnya, Ustaz Khadafi, menghimbai kepada segenap lapisan masyarakat untuk memperteba iman dengan tidak berdiam diri terhadap kondisi Palestina saat ini. 

"Bagi yang tidak uzur syar'i dan berkesempatan, maka marilah kita membersamai turun kejalan dan menunjukan kepedulian kita terhadap sesama Umat Muslim yang ada di Palestina. Insha ALLAH ini alan menjadi hujjah kita kelak dihadapan ALLAH SWT," ujar Ustaz Khadafi yang juga pengurus Masjid Falahudin, Jl. Tamin, Bandarlampung.

Jum'at, 20 Oktober 2023, 20:55 WIB


Ribuan santri dari berbagai pesantren yang tergabung dalam Forum Silaturahim Pondok Pesantren (FSPP) Kabupaten Ciamis menggelar aksi damai membela perjuangan Palestina di Alun-alun Ciamis.  

Ribuan santri dari berbagai pesantren yang tergabung dalam Forum Silaturahim Pondok Pesantren (FSPP) Kabupaten Ciamis menggelar aksi damai membela perjuangan Palestina di Alun-alun Ciamis.


Berdarkan pantauan Kami di lokasi sejak pukul 9.00 WIB, para santri mulai berdatangan di Alun-alun Ciamis, padahal kegiatan yang berlangsung di pusat kota Ciamis berlangsung sekira pukul 13.00 WIB. Mereka datang ke lokasi lokasi aksi dengan mobil, truk, sepeda motor, bahkan ada pula yang jalan kaki.


Mereka juga datang sambil mengenakan berbagai atribut seperti bendera Palestina, poster, termasuk stiker gambar bendera Palestina yang ditempel berdampingan dengan Bendera Merah Putih di pipi maupun topi.


Hadir pula Wakil Bupati Ciamis Yana D. Putra yang duduk bersama dengan para pengasuh pondok pesantren, tokoh ulama, perwakilan ormas dan lainnya. Dalam aksinya yang berlangsung di bawah terik matahari, mereka tetap semangat melantunkan selawat dan doa untuk keselamatan rakyat Palestina.


“Aksi bela Palestina ini sudah kesekian kalinya di Ciamis. Hadir para santri, tokoh ulama, sesepuh, dan pengasuh dari 100 pesantren bersama menyuarakan bela Palestina. Perjuangan ini tidak akan berhenti, terus berjuang sampai Bangsa Palestina merdeka dari penjajah Israel,” kata Ketua FSPP Kab. Ciamis Nonop Hanafi.

Dalam orasinya, dia juga menggembleng para santri dan memberi semangat untuk membela perjuangan rakyat Palestina. Menurut dia, serangan Israel di Jalur Gaza saat ini merupakan serangan paling brutal dan biadab dalam kurun waktu 47 tahun terakhir.


Di depan peserta aksi bertajuk “Ciamis Bela Palestina” itu, Nonop menyatakan, perjuangan Palestina merupakan perjuangan bersama. “Jiwa dan napas kita bersama dengan Palestina. Jantung dan hati kita bersama Palestina. Kita bersama dengan Palestina,” tuturnya.


Usai mengikuti aksi, mereka jalan kaki menyusuri jalan Kota Ciamis. Sembari berjalan kaki, banyak diantara santri yang melantunkan selawat. Mereka mengakhiri perjalannya kembali di Alun-alun Ciamis.***

..

*BALIKPAPAN 12 OKTOBER 2023*


بسم الله الرحمن الرحيم

    السلام عليكم ورحمة

 الله وبركاته


*UNDANGAN*


*DENGAN INI KAMI MENGUNDANG BAPAK, IBU SAUDARA, SAUDARI BESERTA SELURUH MASYARAKAT KOTA BALIKPAPAN UNTUK DAPAT HADIR PADA AKSI DOA AKBAR UNTUK PALESTINA*


*HARI: JUM'AT 20 OKTOBER 2023*


*JAM: 10:00 PAGI - 15:00 WITA*


*TEMPAT: MASJID AGUNG AT-TAQWA*


*SILAHKAN SIAPKAN DONASI DAN INFAQ TERBAIK BAPAK, IBU, SAUDARA, SAUDARI SEMUA UNTUK SAUDARA, SAUDARI KITA DI PALESTINA🙏🏻👍🏻👍🏻*


*DEMIKIAN UNDANGAN INI KAMI SAMPAIKAN, ATAS PERHATIAN DAN KERJA SAMANYA KAMI UCAPKAN TERIMA KASIH*


*JAZAKUMULLAHU KHAYRAN AHSANUL JAZA🤲🏻🙏🏻*


*WASSALAM*


*KORLAP AKSI*


*( RAJA DOLI SIREGAR )*


*KETUA SOLIDARITAS MUSLIM BALIKPAPAN*


*( RAHMAD LUBIS )*


 #savepalestine🇵🇸

 #prayforpalestine🇵🇸

Ciamis:
















Lampung:



Purwakarta:






Jakarta:






Klik video:

Karawang:



Balikpapan: