Berkah! Haul Solo 2023 Bawa Efek Dahsyat Ratusan Miliar Bagi Perekonomian Kota Solo

 


Senin, 6 November 2023

Faktakini.info, Jakarta - Haul.Habib Ali Bin Muhammad Al-Habsy atau lebih dikenal dengan Haul Solo resmi dibuka mulai Rabu (1/11/2023).

Haul Solo merupakan satu di antara event besar di Kota Surakarta yang banyak dinantikan oleh para umat muslim dari berbagai penjuru daerah.

Bahkan tak hanya dari Indonesia, kehadiran event Haul Solo juga kerap kali dihadiri oleh jamaah dari luar negeri.

Diperingati setiap satu tahun sekali, Haul Solo merupakan agenda untuk mengenang masa hidup Habib Ali.

Habib Ali sendiri merupakan tokoh ulama terkemuka yang dikenal sebagai pengarang kitab maulid Simtudduror.

Selain pengarang kitab, Habib Ali juga merupakan seorang mufti di Kota Makkah, Arab Saudi.

Di Surakarta sendiri, Haul Solo pertama kali diperingati oleh Habib Alwi, putra Habib Ali untuk memperingati kematian ayahnya yang dimakamkan di Yaman.

Meski berada jauh dari Indonesia, peringatan acara haul tersebut menarik banyak perhatian jamaah muslim hingga kini jadi agenda rutin di Surakarta.

Di Surakarta sendiri, acara Haul Solo diadakan di Masjid Ar Riyadh yang area dalamnya terdapat tiga makam. Di antaranya ada makam Habib Alwi bin Ali, Habib Ahmad bin Alwi dan Habib Anis bin Alwi.

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, peringatan Haul Solo pada tahun ini akan digelar selama lima hari berturut-turut hingga 5 November 2023.

Para Habaib seperti Ketua Umum Rabithah Alawiyah Habib Taufiq bin Abdul Qodir Assegaf dan lainnya serta para Ulama dan ratusan ribu jamaah menghadiri Haul Solo 2023 ini.

Haul Solo membawa efek dahsyat bagi perekonomian Solo. Perputaran uang selama lima hari bisa menembus angka ratusan miliar. Pengunjung yang diperkirakan mencapai 100.000 orang dengan asumsi satu tamu haul membelanjakan Rp1-1,5 juta selama acara, efek transaksi dari Haul Solo diprediksi mencapai Rp150-225 miliar.

Haul Solo merupakan agenda tahunan yang begitu dinantikan banyak orang. Acara ini merupakan perayaan tahunan memperingati wafatnya ulama besar Habib Ali bin Muhammad Al-Habsy, yang merupakan keturunan Nabi Muhammad SAW.

Perayaan Haul Solo ini digelar setiap Rabiul Akhir di Masjid Riyadh. Pada tahun ini berlangsung pada Rabu-Minggu, 1-5 November 2023, dan merupakan kegiatan yang digelar ke-112.

Acara tahunan ini tidak pernah sepi pengunjung. Para pengunjung Haul Solo ini pun beramai-ramai takziah ke makam Habib Alwi bin Ali, Habib Ahmad bin Alwi, dan Habib Anis bin Alwi di kompleks Masjid Riyadh.

Acara ini menjadi salah satu keunikan wisata religi di Kota Solo. Haul Habib Ali merupakan magnet yang luar biasa bagi ribuan jemaah dari berbagai negara. Meskipun makam Al Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi berada di Hadramaut, Yaman.

Setiap tahunnya, Haul Habib Ali selalu kebanjiran pengunjung. Mereka datang untuk mengobati kerinduan kepada orang saleh dan berharap mendapatkan keberkahan setelah mengikuti agenda tersebut.

Bukan hanya pengunjung yang mencari berkah dari acara Haul Solo. Warga sekitar pun tak luput kecipratan berkah. Banyak pedagang yang menggelar lapak untuk berjualan peci, sarung, serban, dan pernak-pernik lain sebagai pelengkap maupun oleh-oleh dari agenda tersebut.

Para pemilik penginapan hingga pedagang angkringan pun juga meraup banyak keuntungn dari acara tersebut. Agenda ini juga membawa dampak besar bagi para penyedia jasa transportasi, seperti penarik becak dan pengemudi ojek yang bisa berkali-kali mendapat order mengantar jemaah dari lokasi peringatan haul ke hotel atau Pasar Klewer serta lokasi lainnya.

Haul Solo membawa efek dahsyat bagi perekonomian Solo. Perputaran uang selama lima hari bisa menembus angka ratusan miliar. Pengunjung yang diperkirakan mencapai 100.000 orang dengan asumsi satu tamu haul membelanjakan Rp1-1,5 juta selama acara, efek transaksi dari Haul Solo diprediksi mencapai Rp150-225 miliar.

Dana tersebut untuk memenuhi kebutuhan hidup mulai dari sewa hotel, makan dan minum, transportasi, dan oleh-oleh. Tidak mengherankan jika agenda ini menjadi berkah bagi semua pihak.

Foto: Habib Taufiq bin Abdul Qodir Assegaf 

Sumber: jawapos com, koransolopos
























Posting Komentar untuk "Berkah! Haul Solo 2023 Bawa Efek Dahsyat Ratusan Miliar Bagi Perekonomian Kota Solo"