Perputaran Uang di Haul Habib Ali Alhabsy di Solo Bisa Triliunan Rupiah

 





Rabu, 8 November 2023 

Faktakini.info, Jakarta - Perputaran uang di acara Haul Habib Ali bin Muhammad Al Habsy sangat luar biasa. Bahkan tahun-tahun sebelumnya sampai triliunan rupiah. Hal itu diungkapkan Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah Quatly Abdulkadir Alkatiri.

Quatly menyebut, acara Haul Habib Ali bin Muhammad Al Habsy memang memiliki multiplier effect signifikan. Perputaran uang berjalan sangat masif, melihat banyak orang berjualan atau UMKM saat acara haul digelar.

Bukan hanya berdampak sesaat, namun perputaraan uang tersebut juga berpotensi secara berkelanjutan. Sebab haul sendiri juga menjadi ajang memperkuat silaturahmi dan ukhuwah islamiyah antar jamaah.

”Jadi proses sesudah haul itu bisa berjalan terus, dan menjadi manfaat dari silaturahmi yang ada selama haul. Awalnya belum kenal menjadi kenal. Sehingga bisa jadi di sektor perdagangan, para UMKM bisa mendapat pesanan produk dari konsumen secara berkelanjutan,” imbuhnya.

Sektor penginapan atau hospitality industry turut kecipratan manfaat bisnis yang menguntungkan. Diketahui, okupansi penginapan naik hampir 98 persen.

Melihat banyaknya hotel-hotel sekitar Masjid Riyadh, sebagai lokasi utama haul, yang penuh dipesan jamaah sejak jauh-jauh hari.

Bahkan, beberapa warga lokal turut memanfaatkan momen haul sebagai ladang rezekinya. Seperti menjadikan tempat tinggalnya sebagai homestay bagi para jamaah.

”Inilah yang saya maksud hingga triliun rupiah perputaran uangnya. Tak hanya hotel-hotel sekitar Pasar Kliwon tapi hampir seluruh Kota Solo. Terlebih, beberapa jamaah juga ada yang sudah booking hotel lagi untuk peringatan Haul tahun berikutnya,” imbuh Quatly.

Menurutnya, acara haul telah menyumbang sekira 30 persen terhadap pertumbuhan ekonomi yang baik di Kota Bengawan. Dia juga menilai, haul turut mendongkrak pertumbuhan lebih luas lagi di berbagai daerah.

Terlebih, pihaknya juga berkomitmen mengembangkan ekonomi di Jawa Tengah dengan menargetkan angka kemiskinan turun satu digit di pada 2023. Di mana tahun lalu angka kemiskinan di angka 10,98 persen, maka tahun ini angka tersebut diupayakan menurun sekira 8 sampai 9 persen. Salah satu caranya ialah dengan mensupport para pelaku UMKM agar dapat mengurangi tingkat pengangguran terbuka di masyarakat.

”Seperti di acara haul ini, kami support penuh para pelaku UMKM untuk berpartisipasi. Supaya nantinya ketika mereka kebanjiran orderan, bisa membuka peluang serapan tenaga kerja lagi. Itulah mengapa kita sangat mensupport UMKM, karena mereka adalah tonggak perekonomian nasional,” beber Quatly.

Foto: Haul Solo 2023 

Sumber: Radarsolo

Posting Komentar untuk "Perputaran Uang di Haul Habib Ali Alhabsy di Solo Bisa Triliunan Rupiah"