Siapa Penemu Telepon? Graham Bell atau Meucci? Ini Jawabannya

 



Rabu, 8 November 2023

Faktakini.info

SIAPA  PENEMU  TELEPON ?

ALEXANDER  GRAHAM  BELL ?


Syalom Sobat FB, Salam Pengetahuan.

Telepon menjadi salah satu alat komunikasi yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu kegunaan telepon adalah untuk menghubungkan dua orang yang jaraknya berjauhan. 


Hingga kini, telepon menjadi salah satu alat komunikasi yang penting dalam keseharian.

Alexander Graham Bell dikenal sebagai penemu telepon. Namun, ada nama lain yakni Antonio Meucci yang juga dianggap sebagai penemu peranti tersebut. Lantas, sebenarnya siapa penemu telepon ?


Untuk lebih jelasnya, simak siapa penemu telepon sebenarnya dilengkapi sejarah telepon berikut ini yang dihimpun dari berbagai sumber.


A. SIAPA  PENEMU  TELEPON ?


Dikutip dari buku 105 Penemu dan Perintis Dunia (2009) penemu telepon adalah Alexander Graham Bell, dari Inggris.


Bell dilahirkan di Edinburg, Skotlandia, tahun 1847. Meski tidak banyak mendapatkan pendidikan formal, Bell tekun dalam belajar sendiri dan diajar oleh keluarganya.


Ayah Bell merupakan ahli dalam fisiologi vokal dan mengajar tunarungu. Hal tersebut menarik minat Bell dalam memproduksi kembali suara vokal.


Bell memutuskan pergi ke Boston pada 1871 untuk membuat percobaan yang mengarah pada penemuan telepon. Dasar dari penemuannya adalah perangkat telegraf yang dikembangkan menjadi sebuah alat baru yaitu telegraf harmonis.


Telegraf tersebut bisa mengirim dan menerima lebih dari satu pesan melalui sebuah kabel pada saat yang bersamaan. Menurutnya, jika kabel telegraf bisa diadaptasi sedemikian rupa, tentu bisa untuk mengirim dan menerima suara manusia.


Tahun 1875 Bell bersama asistennya, Thomas A Watson berhasil merakit sebuah perangkat yang dapat mengantarkan bunyi yang mirip suara manusia. Dia mengumpulkan paten untuk mengokohkan penemuannya pada Februari 1876.


Pada 7 Maret 1876, telepon pertama Bell mendapatkan hak paten. Setelah itu, Bell mendemonstrasikan telepon temuannya di Pameran Seratus Tahun Kota Philadelphia. Kala itu, ia mendapat respons yang baik dari masyarakat.


Bell mendapatkan penghargaan atas hasil karyanya. Juli 1877, Bell mendirikan perusahaan sendiri. Dengan cepat telepon mencapai sukses secara komersial. Keuntungan materi pun diperolehnya.


Selain telepon, Bell menemukan fotopon yaitu alat yang dapat mentransmisikan suara melalui cahaya. Alat itu terbuat dari bahan kristal selenium dan cermin.


Tahun 1881, Bell bersama asistennya Charles Sumner Tainter mengirimkan pesan sejauh 200 yard antargedung dengan menggunakan fotopon.


Selain alat komunikasi, Bell mencoba percobaan ilmiah lainnya seperti layang-layang, pesawat terbang, tetrahedral, pernapasan buatan, dan hidrofoil. Hingga akhir hayatnya, Bell mengantongi 30 paten penemuan dengan 18 paten atas namanya.


B. PRO-KONTRA  PENEMU  TELEPON


Selain nama Alexander Graham Bell, ada juga yang bilang Antonio Meucci sebagai penemu telepon sebelum Bell.


Meski Bell sempat diakui patennya tetapi Kongres Amerika Serikat pada 2002 telah menetapkan Antonio Meucci sebagai penemu telepon yang sebenarnya, seperti dikutip dari Why ? Penciptaan dan Penemuan.


Antonio Meucci menciptakan telepon pada 1849. Sementara itu Alexander Graham Bell membuat telepon pertama di Boston tahun 1876. Bahkan Bell dituding mencuri ide telepon dari Meucci.


Pemilik nama asli Antonio Santi Giuseppe Meucci lahir di San Fredino, Italia, pada 13 April 1808. Pria keturunan Italia tersebut menyelesaikan pendidikannya di Akademi Kesenian Firene dan bekerja di Teatro Della Pergola, mengutip buku Tokoh-Tokoh di Balik Penemuan Penting (2017).


Kemudian dia menerima tawaran untuk bekerja di Teatro Tacon Havana, Kuba. Selama tinggal di Kuba, Meucci mengisi waktu luangnya untuk melakukan penelitian dan menciptakan hal baru.


Dia berhasil mengembangkan cara menggunakan setrum listrik untuk menyembuhkan penyakit dan membuatnya terkenal. Meucci pun mencoba menemukan alat komunikasi yakni telepon.


Pada tahun 1850, Meucci pindah ke Staten Island, New York. Saat itu, dia jatuh miskin dan sakit keras. Istri Meucci terpaksa menjual beberapa alat ciptaan Meucci seharga $6 untuk biaya pengobatan.


Usai sembuh, Meucci bekerja keras siang dan malam untuk menciptakan penemuan baru. Dia yang tidak memiliki uang hanya membayar paten sementara tahun 1871 yang hanya berlaku setahun dan harus diperpanjang tahun berikutnya.


Dia pun mendemonstrasikan telepon penemuannya ke Wakil Ketua Perusahaan Telegraf Western Union, Edward B Grant. Namun Edward B Grant selalu mengatakan tidak punya waktu ketika Meucci ingin menemuinya.


Dua tahun kemudian, Meucci meminta kembali semua materi telepon di perusahaan tersebut. Namun perusahaan itu mengatakan materi ciptaannya hilang.


Pada tahun 1876, Bell dinyatakan sebagai penemu telepon. Meucci melakukan protes terhadap Kantor Paten Amerika Serikat di Washington tetapi kalah. Kemudian, Bell dan Western Union berkonflik. Dari sana terungkap bahwa Bell sebelumnya telah menyetujui membayar 20 persen keuntungan komersial atas "penemuannya" selama 17 tahun kepada Western Union.


Antonio Meucci meninggal pada 18 Oktober 1889 di usia 81 tahun. Lebih dari seabad, namanya pun tenggelam oleh Alexander Graham Bell yang dikenal sebagai penemu telepon.


Demikian ulasan tentang siapa penemu telepon. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan pengetahuan kita semua. Mohon maaf jika ada kesalahan atau kekurangan. Sekian dan terima kasih.


Sumber : Google

CNN Indonesia.

Posting Komentar untuk "Siapa Penemu Telepon? Graham Bell atau Meucci? Ini Jawabannya"