Debat Pertama Capres: Anies Memukau dan Unggul Mutlak

 


Rabu, 13 Desember 2023

Faktakini.info, Jakarta - Calon Presiden nomor urut 1, Anies Rasyid Baswedan benar-benar memukau dan unggul telak dalam debat pertama calon presiden tadi malam.

"Masyaallah tabarakallah, luar biasa," komentar Anggota Deputi Relawan dan Partisipasi Publik Timnas AMIN, Tarmidzi Yusuf melihat penampilan Anies Rasyid Baswedan dalam debat tadi malam.

Menurutnya, Anies Bawedan bener-benar memahami taktik Ralf Rangnick dan Juergen Klopp. Gegenpressing.

Gegenpressing adalah istilah tentang filosofi permainan sepak bola yang memainkan tekanan tinggi dan kolektif kepada lawan. Dalam bahasa Inggris, gegenpressing berarti counter-pressing.

"Istilah gegenpressing berasal dari Jerman, sesuai dengan tanah kelahiran Ralf Rangnick dan Juergen Klopp," kata Tarmidzi Yusuf yang juga Ketua Umum JABAR MANIES (Jawa Barat Bersama Anies), Rabu, (13/12/2023).

Dia menjelaskan, yang dimaksud gegenpressing dalam debat calon presiden tadi malam adalah Anies Baswedan memberikan tekanan sejak menit awal, memention kelemahan lawan, selain menguasai materi juga tenang.

"Tak kalah pentingnya juga Pak Anies selalu menjaga momentum bertahan dan sekali counter attack langsung goal. Sungguh begitu efektif," beber Kang Tam.

Di sisi lain, pola latihan Anies pun sangat efektif. Melalui acara Desak Anies yang banyak digandrungi anak muda itu, Anies menjawab pertanyaan-pertanyaan dari mahasiswa, kalangan generasi z dan milenial yang dikenal amat kritis dan spontan.

"Alhasil Pak Anies begitu tenang dan menguasai panggung dalam debat tadi malam. Kalah telak untuk lawan yang sejak awal emosi diserang oleh pernyataan dan pertanyaan dari sisi kanan-kiri. Ya lagian latihannya joget sih. Seketika tagline gemoy hilang diterjang bapernya diri sendiri. Anies winning the game," ungkap relawan senior ini yang diamanahi juga Koordinator Presidium Gerakan Rakyat Provinsi Jawa Barat.

Bagaimana Pak Anies menangkis serangan Prabowo Subianto dengan skakmat "Tak tahan jadi oposisi" disambut tepuk tangan meriah baik oleh penonton di KPU maupun jutaan pasang mata menjadi saksi debat perdana capres yang disiarkan langsung beberapa stasiun televisi.

Tarmidzi Yusuf juga menyebut hasil jajak pendapat Litbang "Kompas" menunjukkan 37,9 persen responden menilai pasangan calon presiden-calon wakil presiden nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, unggul secara umum dalam debat perdana ini.

Sumber: suara.com