Sukses, Pembacaan Maulid bulanan di Universitas al-Ahgaf di Yaman

 




Senin, 11 Desember 2023

Faktakini.info

Pembacaan Maulid bulanan di Universitas al-Ahgaf

Hari Jumat adalah hari yang mulia bagi umat Islam, yang mana ia adalah hari yang paling utama dan malamnya adalah malam yang paling utama dalam seminggu.

Pada hari ini setiap muslim dianjurkan untuk memperbanyak amalan sebagaimana yang sudah diajarkan oleh baginda Nabi Muhammad Saw. 

Dan salah satu  amalan yang sangat dianjurkan pada hari Jumat adalah memperbanyak sholawat kepada Nabi Muhammad Saw. sebagaimana sabda beliau Saw.: 

«إِنَّ أَقْرَبَكُمْ مِنِّي فِي الْجَنَّةِ أَكْثَرُكُمْ صَلَاةً عَلَيَّ، أَلَا فَأَكْثِرُوا مِنَ الصَّلَاةِ عَلَيَّ فِي اللَّيْلَةِ الْغَرَّاءِ وَالْيَوْمِ الْأَزْهَرِ».

"Sesungguhnya orang yang paling dekat denganku di surga kelak adalah orang yang paling banyak bersholawat kepadaku. Maka daripada itu perbanyaklah sholawat kepadaku pada malam Jumat dan hari Jumat".

Maka, atas dasar inilah banyak pembacaan maulid yang dikumandangkan pada hari yang mulia ini.

Seusai melaksanakan salat Magrib pada Kamis, 07 Desember 2023, para mahasiswa Univ. al-Ahgaf melaksanakan rutinitas bulanannya yaitu melakukan pembacaan Maulid Simtudduror, karya Imam Ali bin Muhammad al-Habsyi.

Kegiatan yang ramai dihadiri oleh para mahasiswa al-Ahgaf ini seringkali dapat memberikan kesan positif bagi mereka, baik dari pembacaan maulid itu sendiri, maupun dari tausiah yang disampaikan di tengah berjalannya acara ini.

Selain para mahasiswa, turut hadir juga pada acara ini para guru dan dosen Univ. al-Ahgaf. Semua yang hadir pada malam ini turut menambah kesyahduan pembacaan maulid ditambah lagi dengan semerbak wewangian yang harumnya memenuhi seisi tempat acara.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Univ. al-Ahgaf ini dimulai dengan pembacaan maulid Simtudduror, pasal demi pasal dan diselingi dengan lantunan sholawat serta kasidah hingga sampai pada puncaknya yaitu mahallul qiyam. Semua yang hadir ikut berdiri dan melantunkan sholawat dengan begitu khusyuk dan khitmat. Setelah itu acara dilanjut dengan pembacaan kasidah, kemudian penyampaian tausiah yang disampaikan oleh salah seorang dosen Univ. al-Ahgaf yaitu Ustaz Alwi Bafuthaim.

Pada tausiah kali ini, beliau banyak memberikan nasihat dan motivasi serta metode yang efektif dalam belajar terutama untuk menghadapi UAS yang tidak lama lagi akan tiba. Beliau juga menceritakan kisah-kisah inspiratif tentang kesungguhan dan pengorbanan para salaf saleh dalam menuntut ilmu.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pembacaan doa, lalu ditutup dengan salat Isyak berjemaah.

===============
Reporter: @m.a.aziz_official
Editor:@ejak010102
Desainer: 

Terus dukung dan ikuti perkembangan kami lewat akun media sosial Ahgaff Pos di;

Facebook: facebook.com/AhgaffPos
Instagram: instagram.com/ahgaffpos.official
Telegram: t.me/AhgaffPos
Youtube:https://youtube.com/channel/UC1knkhoMXKfQ4zgRECYzsTg
Website: www.amiahgaff.com
Medium: medium.com/@ahgaffpos95
Tiktok : http://tiktok.com/@ahgaffpos.official