Rajai Debat Pilpres Ketiga, Anies Dijuluki 'Let Him Cook'

 





Senin, 8 Januari 2024

Faktakini.info, Jakarta - Analisis media sosial oleh Drone Emprit menempatkan Anies Baswedan sebagai capres yang paling banyak dibahas oleh netizen di Twitter. Di sisi lain, pernyataan Prabowo Subianto soal Gaza banyak dipertanyakan oleh warganet.

Ismail Fahmi, pendiri Drone Emprit, membagikan hasil analisis percakapan di media sosial soal debat capres 2024 pada Minggu malam (7/1/2024) lewat akun Twitter X @ismailfahmi.

Berdasarkan analisis Drone Emprit, Anies Baswedan adalah capres yang paling banyak disebut di Twitter. Capres dari paslon nomor 1 tersebut mendapat 61.078 mention. Capres kedua yang paling banyak disebut di Twitter X adalah capres dari paslon nomor 3 yaitu Ganjar Pranowo dengan 42.969 sebutan.

Prabowo Subianto ada di nomor tiga, yaitu hanya disebut 40.727 kali di Twitter.

"Dalam setiap sesi debat, tampak trend Anies mengalami kenaikan volume percakapan yang paling tinggi. Mulai dari sesi pertama, Anies yang langsung 'ngegas', dan dilanjutkan dengan serangan dan pernyataan yang tajam khususnya ke Prabowo pada sesi-sesi berikutnya," kata Ismail di Twitter X, dikutip pada Senin (8/1/2024).

Mayoritas cuitan soal Anies dinilai Drone Emprit sebagai komentar positif, terutama keberaniannya untuk agresif sejak awal debat. Para netizen menggunakan istilah "let him cook" atau biarkan memasak. Berdasarkan pengamatan CNBC Indonesia, Anies diberikan sebutan El Chef yang berarti koki.

Namun, Anies juga banyak mendapatkan kritik karena serangan-serangan personal yang ia lontarkan, terutama ke Prabowo.

Kebanyakan komentar positif soal Prabowo di Twitter X, menurut Drone Emprit, bernada jenaka. Banyak netizen yang membahas "omon-omon" sebagai diksi baru untuk menambah kosakata mereka di keseharian atau di internet.

Nada negatif netizen atas Prabowo berfokus kepada sikapnya yang mudah terpancing emosi dan berulang kali menyatakan sepakat dengan Ganjar. Namun, komentar negatif paling banyak atas Prabowo adalah pernyataannya soal Gaza.

Berdasarkan pantauan CNBC Indonesia, netizen menggunakan diksi El Gemoy untuk menyebut Prabowo di Twitter X.

Ganjar Pranowo meraih komentar positif di Twitter X karena banyak netizen memberikan apresiasi atas performa debat dan kerap mendapatkan persetujuan Prabowo. Selain itu, gaya Ganjar yang mendinginkan suasana debat yang panas oleh perdebatan Prabowo dan Anies juga dipuji netizen.

Hanya saja, hasil analisis Drone Emprit menunjukkan banyak netizen yang merasa Ganjar terlalu "mencari aman" di awal debat. Berdasarkan pengamatan CNBC Indonesia, netizen menggunakan diksi El Chudai untuk menggantikan Ganjar.

Sumber: cnbcindonesia.com

Posting Komentar untuk "Rajai Debat Pilpres Ketiga, Anies Dijuluki 'Let Him Cook' "