StarPoll: Pilpres Dua Putaran, AMIN Akan Menang 43,6% vs Prabowo-Gibran 39,9%,

 



 



Kamis. 18 Januari 2024

Faktakini.info, Jakarta - Pasangan calon presiden (capres) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) diyakini bakal menang dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Hal ini terjadi jika kontestasi bergulir dalam dua putaran.

Peta persaingan elektabilitas calon presiden dan wakil presiden terus mengalami perubahan yang signifikan. Hal tersebut terlihat dari menanjaknya ektabilitas paslon Anies-Muhaimin yang diprediksi akan memenangi Pilpres jika berlangsung dua putaran.

"Bahwa narasi satu putaran yang selama ini digaungkan publik, berdasarkan data kami yang sudah diilis saat ini, kemungkinan besar tidak akan terjadi," ujar peneliti senior StarPoll, Kurniawan Zein, usai konferensi pers, di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, 16 Januari 2024.

Lembaga survei StarPoll memperkirakan sulit untuk melaksanakan Pemilu satu putaran, karena ketiga paslon yakni Anies-Muhaimin, Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud masih mendapatkan dukungan pemilih di bawah 40%. 

"Jika Pilpres diadakan hari ini maka Pasangan Prabowo-Gibran akan dipilih oleh 35,5% pemilih, Anies-Muhaimin 33,2%," ujar Kurniawan Zein.

Kurniawan menyebut elektabilitas paling rendah ditempati pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD (Ganjar-Mahfud). Pasangan nomor urut 03 itu mendapat elektabilitas 16,8%. 

Menurut Kurniawan Zein, jika Pilpres dua putaran, pada putaran kedua akan diikuti paslon Anies-Muhaimin dan Prabowo-Gibran. Diperkirakan yang akan menang pada putaran kedua adalah paslon Anies-Muhaimin.

""Dari simulasi head to head antar paslon. AMIN jika berhadapan dengan Prabowo-Gibran akan menang dengan 43,6% vs 39,9%," jelasnya.

Lembaga survei StarPoll merilis peta kekuatan calon presiden dan wakil presiden 2024 di 38 provinsi yang ada di Indonesia. Survei LKPI Starpoll menggunakan metode multiage random sampling dan tatap muka pada periode 20 Desember 2023 hingga 4 Januari 2024 dengan jumlah responden 2.500 orang.

Survei ini memiliki margin of error kurang lebih 2 persen. Sedangkan tingkat kepercayaan survei tersebut 95%.

Sumber: Metrotvnews.com


Posting Komentar untuk "StarPoll: Pilpres Dua Putaran, AMIN Akan Menang 43,6% vs Prabowo-Gibran 39,9%,"