Tolak Pemilu Curang, Kompak Kaltim Gelar Aksi Damai dan Audiensi di Bawaslu Kaltim

 


Ahad, 25 Februari 2025

Faktakini.info, Jakarta - Sejumlah organisasi masa yang tergabung dalam Kompak Kaltim melakukan aksi damai dan audiensi untuk memprotes dugaan kecurangan Pemilu 2024 di kantor Bawaslu Kaltim dengan titik kumpul di Jl. Anggi samping Islamic center kota Samarinda, Kalimantan Timur, Jum'at (23/2/2024)?

Massa mulai bergerak ke Bawaslu Kaltim pada pukul 14.30 wita dikawal patwal dengan  rute jalan cendana, jl. banggeris, jl. MT haryono Kantor Bawaslu Kaltim.

Jumlah massa yang hadir kurang lebih 75 orang dari berbagai relawan Anies Muhaimin dan ormas banjar Kayuh Baimbai. Mereka berkumpul di kantor Bawaslu Kaltim dengan aksi damai dan melakukan orasi dari masing-masing perwakilan masa didepan Kantor Bawaslu sampai pukul 15.20 wita.

Selanjutnya perwakilan massa melakukan audiensi didalam kantor bawaslu hingga pukul 16.00 wita. Kegiatan dalam aksi tersebut dengan penyerahan secara simbolis pernyataan sikap dari berbagai element ormas yang hadir.

Berikut Notulensi Audiensi Aksi Damai Bawaslu kaltim :

Memberikan pita merah putih sebagai simbol untuk menjaga nkri agar menolak terjadinya kecurangan pemilu dan nasib negara menjadi pertaruhan, serta menjadi sejahtera untuk 5 tahun ke depan. 

Habib ahmad (Bubuhan Banjar dan DPP):

Beberapa daerah dan TPS mengalami kecurangan yang riil untuk bawaslu agar dapat menindak sesuai dengan aturan yang ada yaitu UU Pemilu, terkait masalah kecurangan dari tim Kompak Kaltim siap membantu mengawal apabila ada yang ingin mengganggu atau menjegal, meminta untuk mengawasi capres/cawapres 02 karena tidak sesuai dengan prosedur yang ada, meminta untuk pilpres diulang kembali karena adanya indikasi kecurangan sejak awal. 

Ketua Jaringan Nasional AMIN Kaltim :

Apa yang dianggap curang dan itu yang membuat gerakan untuk memperjuangkan sesuai aturan yang ada, bawaslu dapat menindak tegas segala bentuk kecurangan yang terjadi di dalam pelaksanaan pemilu dan bawaslu jangan pernah ragu-ragu dalam mengambil tindakan tegas serta harus kuat jangan sampai goyang karena sesuatu. 

Berharap ditindak tegas terhadap oknum-oknum pemilu mau berapa kali dilakukan pemungutan suara ulang tetap kecurangan akan terjadi jika tidak ditindak. 

Amin muda (wildam) : 

Bawaslu seharusnya bekerja sebagai fungsi pengawasan dan sebagai inisiator atau inisiatif ketika ada pelanggaran langsung ditindak tegas, Seharusnya yang menindak tegas pelanggaran kpu juga sebagai tempat bawaslu bukan DKPP, Mempertanyakan peran bawaslu selama ini kemana? Terkait cawe-cawe presiden seharusnya peran bawaslu karena sebagai lembaga independen, Berharap bawaslu tingkat provinsi bisa menyuarakan ke bawaslu pusat untuk menindak tegas dan jangan hanya bekerja secara pragmatis. Terkait siRekap terbukti melanggar dan bisa terkena sanksi jika merujuk pada UU ITE, tugas dan wewenang lebih ditingkatkan jangan hanya bekerja secara prosedur dan bekerja secara amanat tuhan bukan hanya karena imbalan atau ketakutan. 

Ketua Kompak kaltim : 

Meminta tindak tegas bawaslu kaltim untuk melaksanakan pemilu yang bersih dan adil. 

Ketua Bawaslu Provinsi :

Ada 183 lebih data yang harus dikembalikan oleh bawaslu dan itu terjadi karena kesalahan petugas teknis dan meminta untuk diperbaiki, dan terhadap kompak tetap mendukung kami. Data yang akan kami bawa adalah data manualnya bukan siRekap, dan jangan percaya terhadap siRekap tetap menunggu data asli yang manual serta jangan terpancing oleh media-media yang ada.

Berharap kompak bisa bersinergitas untuk terus mengawal pemilu yang ada. Kami tidak dapat langsung memberikan statement bahwa ada kecurangan atau tidak karena ada aturannya karena ini atas nama kelembagaan.

Aksi damai di kantor Bawaslu Kaltim pada pukul 16.30 Wita Aksi Damai selesai dan berjalan dengan  tertib. 

Sumber:

(BF)

Fajriannur

Kontributor LIP/FMN KalTim :

Bagus Fajri


















Posting Komentar untuk "Tolak Pemilu Curang, Kompak Kaltim Gelar Aksi Damai dan Audiensi di Bawaslu Kaltim"