PENYUSUN TAHLILAN PERTAMA KALI ADALAH AS SAYYID AL HABIB ABDULLAH BIN ALAWI AL HADDAD (BA'ALAWI)

 



Senin, 27 Mei 2024

Faktakini.info

PENYUSUN TAHLILAN PERTAMA KALI ADALAH AS SAYYID AL HABIB ABDULLAH BIN ALAWI AL HADDAD (BA'ALAWI)

NB:
👉👉👉 ( BAGI GEROMBOLAN ANTEK2 IMADUDDIN CS & ORANG-ORANG YANG NGAKU2 ASWAJA NU TAPI SELALU MEMFITNAH PARA HABAIB SAADAH BA'ALAWI, MULAI BESOK JANGAN ANDA BACA TAHLILAN BUAT ORANG YANG MATI, LANGSUNG MAYATNYA DI MAKAMKAN, GAK USAH TAHLILAN WES ... 😊😄 )  👈👈👈

Menurut penulis buku ini, hal tersebut pernah dibahas dalam forum Bahtsul Masail oleh para kyai Ahli Thariqah. Sebagian mereka berpendapat bahwa yang pertama menyusun tahlil adalah Sayyid Ja’far Al- Barzanji. Sedangkan pendapat yang lain mengatakan bahwa yang menyusun tahlil pertama kali adalah Sayyid Abdullah bin Alwi Al Haddad.

 Dari dua pendapat tersebut, pendapat yang paling kuat tentang siapa penyusun pertama tahlil adalah Imam Sayyid Abdullah bin Alwi Al Haddad. 

Hal itu didasarkan pada argumentasi bahwa Imam Al- Haddad yang wafat pada tahun 1132 H lebih dahulu daripada Sayyid Ja’far Al – Barzanji yang wafat pada tahun 1177 H. 
Pendapat tersebut diperkuat oleh tulisan Sayyid Alwi bin Ahmad bin Hasan bin Abdullah bin Alwi Al-Haddad dalam syarah Ratib Al Haddad, bahwa kebiasaan imam Abdullah Al Haddad sesudah membaca Ratib adalah bacaan tahlil. 

Para hadirin yang hadir dalam majlis Imam Al Haddad ikut membaca tahlil secara bersama-sama tidak ada yang saling mendahului sampai dengan 500 kali. Disamping mengulas sejarah tahlil, buku setebal 72 hal itu juga membahas argumentasi tahlil dan pahala bacaanya yang diyakini bisa sampai kepada mayyit. Pada bab-bab berikutnya penulis juga mengupas tentang talqin dan ziarah kubur lengkap dengan pengertian, tatacara dan argumentasi pelaksanaannya. 

Buku ini wajib dibaca oleh warga Nahdliyyin di Kendal karena memang diterbitkan dalam rangka penggalian dana NU Kendal dan menggantikan model penggalian dana dengan lewat stiker. Sungguhpun demikian buku ini juga perlu dibaca oleh warga NU dimana saja berada. Peresensi adalah kontributor NU Online Kendal

Sumber:
👇👇👇 https://www.nu.or.id/pustaka/sejarah-tahlil-JPnpB
___
Download NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap! https://nu.or.id/superapp (Android/iOS) 

Colek Budak IMADUDDIN:
Ahmad Jufry Siti Maysaroh Erna Purwantiningsih Gegara Yahudi Alif Lazir Muri Wasni Wasni Den Jaya WongAwam Sofian Fian Hayat KangLasim Lasim Daffin Rizki Z Musthofa Ratu Cinta Velove Veksia Jowo Tulen Cahaya Nirmala Wanto Mahabbats Shalawat Nasser Sil Khannas Debu Street Marwiah 
@sorotan