KH Luthfi Bashori: RAMBUT

 



Jum'at, 14 Juni 2024

Faktakini.info

RAMBUT

Luthfi Bashori

Rambut menurut sebagian orang merupakan mahkota yang perlu dijaga penampilannya. Berkembangnya salon-salon dan tukang pangkas rambut di sejumlah tempat, menandakan betapa tingginya antusias masyarakat dalam menjaga penampilan tata rias rambut.

Berbagai mode dan variasi, banyak ditawarkan bagi pelanggan, baik menyangkut komunitas kaum adam, lebih-lebih di kalangan kaum hawa.

Dunia perawatan rambut, setiap saat semakin menunjukkan peningkatan bentuk variasi dan mode terkini, sebut saja rambut model mohak-nya komunitas punk, model David Beckham, model poni Lady Day, model poni Andy Lau, model kincir Roberto Baggio, model kuncung Ronaldo, model kelabang Ruud Gullit, belum lagi model yang bisa dibilang ekstrim seperti rambut Madonna, lebih-lebih rambut Lady Gaga, bahkan di kalangan bangsawan eropa seperti Kate Middleton sang mempelai pangeran Inggris yang kini model rambutnya lagi banyak diikuti oleh kaum hawa, dan masih banyak model rambut lainnya yang menjadi modis.

Di Indonesia tak kalah semarak dalam menirukan gaya rambut trendy penampilan para selebritis, semisal rambut Delon Indonesia Idol, rambut Ruhut Si Tompul, rambut Mbah Surip, rambut Slank, rambut Sarah Sekhan, rambut Ahmad Dhany, rambut Bunga Citra Lestari, rambut Agnes Monica, rambut Eddy Brokoli, rambut Melly Guslaw, rambut model retro the upstair sampai rambut rock`nroll-nya the Changcuters dan rambut sejumlah selebritis nasional lainnya.

Bahkan usaha semacam rebonding dan semir rambut pun termasuk laris manis, karena dimanfaatkan oleh hampir semua kalangan yang ingin merobah penampilan rambutnya, agar bisa tampil lebih modis dan trendy.

Sejumlah anak usia balita, terkadang menjadi sasaran rias hanya karena menuruti hoby orang tuanya. Kalangan remaja lebih-lebih lagi, begitu ada penampilan baru sang idola, maka seketika itu juga mereka rombak model rambutnya. Tak jarang terjadi di kalangan orang tua, yang nyaris bisa dikatakan sudah hampir bau tanah, alias usia udzur, namun masih saja berusaha merias rambutnya agar dapat tampil funky. Bahkan, terkadang yang tampak justru ke-lucu-an semata, karena tidak sesuai antara bentuk wajah keriput dengan model rambut pilihannya yang terkesan modern itu.

Semacam inilah gaya rambut masa kini yang digemari umat Islam negeri ini. Negeri yang mayoritas berpenduduk muslim, bahkan termasuk jumlah muslim terbesar dan terbanyak di kalangan penduduk dataran dunia manapun.

Sayang sekali, umat Islam sudah banyak yang tidak peduli wasiat Nabi Muhammad SAW, Nabi yang diyakini kebenaran risalahnya, Nabi yang semestinya dijadikan idola hidup setiap jiwa muslim. Beliau SAW bersabda : Hilangkan darimu `Rambut Kekafiran` dan berkhitanlah (HR. Abu Dawud).

Arti rambut kekafiran adalah jenis model rambut yang menjadi ciri khas kaum kafir sebagai pelaku utama pengusung model rambut trendy yang dijadikan idola dunia.

Demi menjaga keimanan dan aqidah, maka hendaklah umat Islam waspada dalam memilih model rambutnya, karena jika salah langkah, bisa-bisa terjerumus mengikuti gaya trendy rambut kaum kafir, tentu akan membahayakan aqidahnya.

Nabi SAW juga melarang seorang lelaki yang berpenampilan layaknya seorang wanita, termasuk dalam segala bentuk pakaian yang dikenakan dan juga tata rias rambutnya, dan sebaliknya melarang kaum wanita yang berpenampian layaknya kaum lelaki dengan ketomboyannya.

Nabi SAW bersabda : Allah melaknat kaum lelaki yang menyerupai penampilan wanita, dan kaum wanita yang menyerupai penampilan lelaki (HR. Bukhari). Tentunya termasuk juga dalam penataan gaya rambutnya.