Intisari Penjelasan Habib Rizieq soal Nasab dan Syubhat Sekte Imad

 



Ahad, 7 Juli 2024

Faktakini.info

Intisari Penjelasan Habib Rizieq soal Nasab

Oleh: Ustadz Haris Ubaidillah

1. Nasab berdasarkan keinginan pribadi, tidak ada dasar *nasab berdasarkan keinginan*

2. *"Walaupun semua ulama dunia berfawa mengakui suatu nasab, saya tidak menerima"* cukup dalil bahwa yang bersangkutan mengikuti hawa nafsu. Siapa Dia?! 

3. Kaidah *"ada kitab yang sezaman"* tidak ada dalam ilmu sirah, ilmu hadits dan ilmu nasab. Contoh, Imam Bukhori, beliau punya sanad sampai ke Nabi, banyak sanadnya yang tidak ada kitab sezaman, apakah itu mau ditolak hadits hadits sohih Bukhori? Bicara rawi bicara tentang orang yang meriwayatkan, Imam Bukhari harus memastikan bahwa yang meriwayatkan hadits tsb adalah orang baik cukup ada pengakuan dari orang orang sezaman yang diriwayatkan oleh murid muridnya, walaupun tidak ada kitab yang sezaman. Kalau ilmu sejarah pakai kaidah kitab yang sezaman, bisa rontok  sejarah yang ada. Kaidah kitab sezaman dipakai oleh orientalis  karena ingin merontokkan ilmu hadits, ilmu sejarah, ilmu nasab. Ilmu Nasab punya kaidah sendiri, ada kaidah khobar sukroh, lalu bagaimana nasab Nabi kita sampai Adnan, apakah ada kitab kitab sezaman, terus mau kita batalkan nasab Nabi kita SAW sampai Nabi Ibrahim AS. Dari mana datangnya kaidah *"Kitab Sezaman"*siapa yang buat, kapan dibuat, dalam kitab apa dan dalam di siplin ilmu apa. Jangan tertipu dengan kaidah yang tidak jelas asal usulnya hanya untuk membatalkan nasab suatu kaum. 

4. Anehnya Nasab Ba'alawi yang sudah diakui ulama dunia di utak atik, ternyata nasab yang dia karang apakah ada kitab yang sezaman. Jangan suka ngarang nasab seenaknya

5. Nasab wali Songo justru yang mengakui adalah dari kalangan Ba'alawi, tidak ada yang kenal nasab wali Songo selalu dari Ba'alawi yang ada di Indonesia,  karena mereka tersebar di Indonesia dan banyak yang mempelajari, termasuk Habib Alwi bib Tohir Al Haddad bahwa Wali Songo itu dari Azmatkhan, Azmatkhan dari Imam Ubaiidillah, Imam  Ubaidillah itu dari kakek moyangnya Ba'alawi. Kalau Imam Ubaidillah ditolak berarti Nasab Wali Songo juga ditolak. Mereka menyebutkan Wali Songo berasal dari Musa Al Kazhim, dari anak yang bernama Kalijam. Sejak kapan  ada bangsa Arab yang anaknya bernama Kalijam.. Dia serang Nasab Ba'alawi yang sudah lurus, dia karang nasabnya dirinya sesuai hawa nafsunya.