KONTROVERSI NASABNYA UST. MIQDAR ZULFIKAR (DADANG)
Kamis, 25 Juli 2024
Faktakini.info
KONTROVERSI NASABNYA UST. MIQDAR ZULFIKAR (DADANG)
Beliau Ust. Miqdar Zulfikar merupakan putra dari kyai kampung bernama bpk. Roji yang berasal dari Sidoarjo. Dahulu ayahanda beliau sering menjadi tukang khutbah dan pidato agama, sementara Ust. Miqdar sendiri pernah belajar di ponpes daerah singosari malang dengan jurusan qiroah al quran. Ada fakta menarik mengenai ust. Miqdar sewaktu di singosari, yaitu mempunyai banyak kenalan (teman) dari para habaib, beliau sangat hormat dan cinta dengan para habaib dikala itu.
Pertemanan antara ust. Miqdar dengan para habaib agak renggang ketika ust. Miqdar menyebut dirinya juga dari bangsa habaib (tempo doeloe) satu satunya marga yang dipakai ust. Miqdar adalah basyaiban, hal tersebut juga diyakini oleh ayahnya. Pernah suatu ketika ayah ust. Miqdar berziarah ke makam sayyid ali al akbar basyaiban yang ada di sidosermo surabaya, beliau juga bertanya kepada dzuriyah sayyid ali akbar mengenai nasabnya,
“Apakah saya ini keturunan sayyid ali akbar?” kata bpk. Roji kepada salah satu keturunan sayyid ali. Kemudian ditanyalah nama, asal dan silsilahnya. Setelah dicari maaf beribu ribu maaf, bpk. Roji bukanlah keturunan sayyid ali al akbar basyaiban.
Beliau kurang puas dengan hasilnya, kemudian larilah kepada sayyid hasan madinah yang ada di sidoarjo, namun hasilnya juga sama. Lambat laun bpk. Roji mendengar kalau di pasuruan terdapat makam basyaiban, makam tersebut adalah makamnya sayyid arif segoropuro, sementara didalam pernyataan keluarga besar basyaiban yang ada di jatim dan jateng mengatakan kalau sayyid arif segoropuro itu tidak memiliki keturunan putra, nama asli beliau adalah sayyid abdurrahim bin sayyid abdurrahman yang merupakan saudara kandung dari sayyid sulaiman basyaiban jombang.
Kembali ke cerita bpk. Roji, beliau pada akhirnya menyadari bahwa nasabnya tidak bersambung kepada keluarga basyaiban. Salah satu putranya yang bernama ismed zulfikar (adik dari ust. Miqdar) sering juga bergaul dengan para sayyid didaerahnya dikawasan sidoarjo, hubungan mereka selama itu baik baik saja. Pada tahun 2013 - 2016 ada pendataan (intern) secara menyeluruh bagi keluarga basyaiban khususnya di jatim, mengetahui hal itu maka ust. Miqdar berkeinginan ikut serta dalam pendaftaran nasab, padahal ayah beliau saja ditolak apalagi anaknya ? Dan apabila dipikir lebih dalam apa sih gunanya nasab ? Dan apa urusannya dengan kita ketika keluarga besar basyaiban mendata keluarganya sendiri, biarin aja lah... Kita tidak punya hak ikut campur dalam urusan keluarga mereka.
BERTEMUNYA UST. MIQDAR DENGAN HABIB LUTHFI BIN YAHYA
Keinginan ust. Miqdar sangat kuat, beliau ingin sekali menjadi Keturunan Rasulullah SAW, bertahun tahun beliau lalui dengan sangat payah dan mengeluarkan banyak uang untuk kebutuhan beliau.
Pekalongan menjadi saksi atas wajah cerahnya ust. Miqdar, beliau bercerita panjang lebar mengenai perjuangannya, tak jarang beliau menyenggol nama beberapa habaib dan rabithah alawiyah. Menurutnya yang membuat dia gagal menjadi habib adalah para habaib yang bertugas di rabithah. Singkat cerita habib luthfi pun ikut trenyuh dan ingin berpatisipasi atas tidak ditemukannya silsilah ust. Miqdar. Konon ketika ust. Miqdar mau berpamitan pulang ada pesan dari habib luthfi untuk berziarah ke makam Mbah Sabilan (Abdurrahman) yang ada di Demaan, Jepara.
Al Habib Luthfi Bin Yahya dikenal sebagai pengganti Alm. Gus Dur dalam urusan Makam. Banyak yang mengatakan kalau beliau kasyaf dalam hal ghaib, sebagaimana Alm. Gus Dur yang menemukan serta mempromosikan bahwa Makam Syech Jumadil Kubro ada di Troloyo, Mojokerto. Pada tahun ini 2024 banyak orang orang ghaib yang ada di medsos mengklaim kalau habib luthfi suka bikin makam palsu, suka membaalawikan makam makam kuno, dll. Wallahu A'lam Bisshowab.
Ust. Miqdar zulfikar pada awalnya ikut dawuh habib luthfi mengenai ketersambungan nasabnya kepada mbah sabilan. Untuk lebih mengenal mbah sabilan silahkan lihat disini: https://ansorjepara.or.id/mbah-sabilan-dzurriyah-rasul-ke-28-yang-berjuang-semasa-untung-suropati/
Meledaknya dugaan yang menyudutkan habib luthfi sebagai tokoh utama pemalsuan nasab dan pemalsuan makam, Ust. Miqdar hanya mengamati dari kejauhan. Tampaknya ada ketakutan dari Ust. Miqdar jika kecatut polemik tersebut. Ada yang lucu dari ust. Miqdar, beliau tidak berani mengatakan kalau yang diklaim sebagai kakeknya yang ke 6 itu bermakam di demaan jepara, tapi sampai saat ini beliau tetap meyakini kalau Abdurrahman sabilan bin abdurrahim bin abdullah bin umar bin muhammad itu adalah kakeknya, dan urutan nasabnya dianggap betul.
Kelucuan ust. Miqdar merupakan gambaran dari hawa nafsunya mulai dari remaja hingga tua, intinya beliau itu ingin dianggap sebagai Keturunan Nabi Muhammad SAW. Bagi beliau tidak masalah jika tak dipanggil habib, dan pada kenyataannya beliau berhasil beropini dihadapan publik dalam mengkotak kotak istilah habib, sayyid, dan syarif.
Beliau Ust. Miqdar pernah mengatakan kalau datuknya Abdurrahman sabilan bermakam di area makam sayyid arif segoropuro, menurut kami sayyid abdurrahman yang ada disegoropuro itu adalah ayah dari sayyid arif/ abdurrahim dan sayyid sulaiman. Miqdar tidak mau kalah, beliau tetap membantah dan mengatakan kalau di situ ada makam lain yang namanya mungkin sama, tapi satunya ada tambahan sabilannya, tuturnya,.
Setelah rekan kami mengecek kesana ternyata tidak ada juga, kemudian ust. Miqdar pun mengatakan kalau nisan dimakam datuknya tidak ada nama dengan alasan supaya tidak diaku aku/ dibegal sama orang lain. Wallahu A'lam, kok sampai segitunya ya 😅
Kedekatan ust. Miqdar dengan habib luthfi hanya sekedar kepentingan pribadinya saja, mengambil nama nama silsilah untuk beliau ambil sebagai nasabnya. Secara detail sebagaimana berikut:
• Nasab Mbah Sabilan Jepara versi habib luthfi:
Sayyid Abdurrahman (mbah sabilan) bin Abdurrahim bin Abdullah bin Umar bin Muhammad Assyaibah bin Ahmad bin Abubakar Basyaiban sampai seterusnya.
• Nasab Sayyid Abdurrahman Sabilan (klaim ust. Miqdar):
Sayyid Abdurrahman sabilan bin Abdurrahim bin Abdullah bin Umar bin Muhammad bin $Abdullah$ bin $Muhammad Syamsyddin$ sampai seterusnya.
Bisa kita ketahui bahwa ust. Miqdar hanya memanfaatkan kesempatan didalam kesempitan. Yang saya takutkan adalah ust. Miqdar ikut memojokkan dan menuduh habib luthfi sebagai pembaalawisasi, pemalsu makam, dll...
Berbijaklah dalam mencari informasi, jangan menuduh orang lain melakukan Hoax atau dirinya sendiri justru membuat Hoax. Jika perihal nasab bisa membuat gaduh dan bermusuhan maka ingatlah Allah, Takutlah pada Allah, dan kembalikan semuanya kepada Allah. Relakanlah sesuatu yang bukan menjadi hak bagi diri kita masing2. Masih banyak yang harus kita laksanakan dalam mengemban tugas mensyiarkan islam, Semoga bisa diambil pelajaran dari apa yang saya ceritakan. Mohon maaf sebanyak banyaknya 🙏🏻
Kang Santri Ijo 🙏🏻