Rumail: Ba'alawi Difitnah di Video Pemugaran Pagar Makam Bhujuk Sampang Madura

 


Senin, 1 Juli 2024

Faktakini.info

Rumail Abbas

Apa yang membuat isu Baalawi jadi lebih menarik? Karena banyak boomers terlibat, dan mereka ikut serta dalam menyebarkan hoaks, termasuk Sang Filolog yang membebek sama penelitiannya Kiai Imad Sibthu Utsman!

Hoaks di bawah ini sudah dibantah oleh ahli warisnya dua hari yang lalu; video pemugaran dan renovasi makam bhuju' mereka!

Tapi karena saking jengkelnya sama Baalawi, disebarkanlah video tersebut sebagai bukti "angkara murka" ahli waris karena Bhuju' mereka di-Baalawi-kan oleh Baalawi (entah Baalawi siapa yang mereka tuduh, tapi semua mata tahu bakal diarahkan ke siapa).

Sekitar dua bulan ini saya melakukan wawancara dengan banyak pihak non-Baalawi (namun menisbatkan diri sebagai Azmatkhan dan lainnya), dan hasilnya cukup mengejutkan: di masa lalu banyak orang yang pingin jadi Baalawi, dan mengklaim keluarga mereka adalah bagian dari Baalawi.

Tak kurang dari itu, mereka pun mem-Baalawi-kan makam-makam kakek dan leluhurnya.

Suatu kisah ada orang setoran nama ke yayasan keluarga, dan pengurusnya kaget karena silsilahnya ke atas, kok, sampai Baginda Nabi.

"Bapak siapa?"

"Saya Fulan bin Fulan bin Fulan."

"Terus ke atasnya lagi, siapa?"

"Gak tahu."

"Lho, kok, di sini sampai Kanjeng Nabi?"

"Oh, itu kata Bapak Fulan silsilah saya seperti itu."

Silsilahnya sampai Ubaidillah bin Ahmad Al-Muhajir, hingga Sayidah Fathimah binti Rasulillah, dan tentu saja Baalawi, Gais.

Saya berada di pihak pelurusan sejarah, tapi bukan tiba-tiba langsung mengatakan ada pemalsuan dari klaim yang tidak bisa dibuktikan seperti di bawah ini.

Hhe~