[Video] HILMI FPI Sulteng Bagikan Paket Sembako untuk Korban Luapan Danau Limboto di Kabupaten Gorontalo

 


Jum'at, 26 Juli 2024

Faktakini.info, Jakarta - Hingga saat ini Front Persaudaraan Islam (FPI) beserta seluruh jajarannya masih terus aktif melakukan kegiatan sosial kemanusiaan dan membantu masyarakat.

Sudah hampir dua pekan kondisi luapan danau limboto di sejumlah pemukiman warga di Kabupaten Gorontalo tak kunjung surut, sehingga membuat warga tak bisa melakukan aktivitas sebagaimana mestinya.

Bantuan dari berbagai pihak pun kini menjadi harapan dari warga yang masih terdampak. Tak hanya pemerintah, bantuan berupa bahan makanan serta kebutuhan lainnya hingga kini masih banyak berdatangan.

Bahkan tak sedikit sukarelawan yang berasal dari luar Gorontalo datang untuk memberikan bantuan dan membantu proses membersihkan rumah rumah yang sebelumnya terdampak banjir luapan danau limboto.

DPD Hilmi Front Persaudaraan lslam Sulawesi Tengah, adalah salah satu sukarelawan yang sudah selama 5 hari mendistribusikan bantuan kepada warga yang terdampak banjir.

Bantuan yang diberikan berupa paket sembako untuk kebutuhan sehari hari serta pakaian dan juga selimut baru.

Sekitar 700 paket bantuan atau sekitar 2 ton beras dan 200 lembar pakaian baru pun hingga kini telah didistribusikan kepada warga yang terdampak.

Para sukarelawan ini pun berharap agar hal serupa juga dapat terus dilakukan oleh pemerintah daerah setempat, karena kondisi warga yang saat ini masih membutuhkan bantuan untuk keperluan sehari hari.

Sementara itu, warga pun mengaku sangat terbantukan dengan adanya bantuan yang datang dari berbagai daerah atau sukarelawan.

Warga mengaku sangat bersyukur karena hampir seluruh harta benda dan pakaian mereka hanyut saat diterjang banjir luapan danau limboto.

Hingga saat ini, warga juga mengaku masih terus mendapatkan bantuan dari aparat pemerintah setempat.

Hingga kini, warga pun sudah mulai membersihkan rumah dari sisa banjir yang telah merendam rumah hingga hampir 2 pekan.

Sumber: kompas tv

...

Gorontalo – Hingga sepekan ini, HILMI PRI FPI dan MPI membantu keluarga terdampak banjir bandang di Gorontalo, fokus bantuan dilaksanakan di lokasi titik terparah banjir yaitu Desa Buhu dan Hutada’a.

Bantuan disalurkan dengan total 660 paket, yang di bagikan kepada dua kategori warga terdampak. Untuk warga korban parah rumah tenggelam, bantuan berupa paket sembako : beras 5 kg, mie instan, alat mandi dan sabun cuci pakaian untuk 30 Kk, sedangakan untuk 270 Kk berupa, beras 4 kg, gamis, sarung baru, mie alat mandi dan sabun cuci.

Kategori rumah terendam 1 meter HILMI PRI FPI dan MPI memberikan paket sembako berupa beras 3 kg, mie, alat mandi dan sabun cuci pakaian untuk 360 Kk. Dengan demikian jumlah beras tersalurkan sebanyak 2, 1/2 Ton dengan rincian per kilo gramnya 2.040 kg.

HILMI-PRI-FPI-dan-MPI-Salurkan-Bantuan-Logistik-Untuk-Keluarga-Terdampak-Banjir-Bandang-Gorontalo-1

Banjir bandang di Provinsi Gorontalo terjadi akibat luapan danau limboto, sungai bone, sungai bulango dan sungai bungalo botumotoli oluwo. Dengan korban terdampak 1937 Kk, mengungsi 6056 jiwa, rumah tenggelam 1312, mengungsi 537 Kk, balita 530 jiwa, ibu hami 28 jiwa dan balita 494 jiwa. Yang terjadi hampir di tiga Kabupaten.

Dari keterangan salah satu warga korban Dusun hutada’a, menurut Ibu Aca Lengato di tahun 2000 pernah terjadi luapan danau limboto namun tidak separah tahun 2024 ini, banjir bandang kali ini terjadi sekitar pukul 02.00 wita hari kamis dini hari, warga sangat terkejut dan berhamburan dan menyalamatkan masing-masing keluarga serta surat-surat penting yang mereka miliki.

Sebelum tarjadi banjir menurut Ibu Aca Lengato hampir sepekan hujan turun dengan intensitas tinggi, akibat banjir ini sebagian saudara-saudara kami masih belum bisa kembali kerumah masing-masing karena air masih tinggi.

HILMI-PRI-FPI-dan-MPI-Salurkan-Bantuan-Logistik-Untuk-Keluarga-Terdampak-Banjir-Bandang-Gorontalo-2

Tim Relawan HILMI PRI FPI dan MPI selama sepekan ini terus membantu korban banjir bandang dengan berbagai bantuan seperti logistik, makanan nasi dus dan pembersihan rumah-rumah warga dari sisa-sisa lumpur.

Posko kemanusiaan HILMI PRI FPI dan MPI bertempat di Masjid Jami Al-Mu’miniina

Desa Buhu Kecamatan Talaga Kabupaten Gorontalo

“Kami sangat berterima kasih kepada Relawan HILMI PRI MPI FPI atas bantuannya, “ucap Ibu Aca Lengato”, dengan wajah penuh harapan untuk segera bisa kembali kerumah mereka.

Mari terus bantu mereka

Salurkan donasi anda melalui

Rekening kemanusiaan

Bank BSI 7855 58 8875

Kode Bank (451)

An.Yayasan HILMI Persaudaraan Islam

Konfirmasi :

-Ahmad Yani 0877 7533 9415

-Ustadz M Syukron 0814 1111 9212

Sumber: HILMI FPI





Klik video: