Gus Fahrur Rozi: Menghadapi Pembenci

 



Jum'at, 16 Agustus 2024

Faktakini.info

KH Ahmad Fahrur Rozi (Ketua PBNU Bidang Keagamaan)

*Menghadapi Pembenci*

Benci adalah perasaan tidak suka yang sangat kuat terhadap seseorang atau sesuatu. Kebencian bisa muncul karena berbagai alasan, misalnya punya keyakinan yang berbeda, karena merasa iri atau takut atau bahkan karena korban hasutan berita hoax dan konten editan medsos . 

Perasaan ini berbahaya karena bisa membuat seseorang bertindak jahat atau kasar pada orang lain, serta dapat merusak hubungan interpersonal dan menciptakan lingkungan yang negatif.

Apa yang harus kita lakukan menghadapi pembenci ? 

Pertama : Tetap Tenang dan Tidak Terpancing!

Terpancing emosi dengan orang yang membenci kita justru akan memperburuk keadaan. Tetaplah tenang dan tidak terpancing oleh pengaruh mereka yang membenci dirimu. Membalas kebencian dengan kebencian hanya akan memperburuk keadaan dan tidak membuat masalah tersebut selesai.

Kedua : Hindari Interaksi Secara Langsung

Jika memungkinkan, hindari interaksi dengan orang tersebut. Hindari bertemu atau berbicara dengan mereka jika dirasa tidak perlu. Jika kamu harus berada di situasi yang sama, jaga jarak dan hindari interaksi yang terlalu dekat.

Ketiga: Bangun Batasan yang Tegas

Bangun batasan yang tegas dengan orang yang membenci kita diam-diam. Kita berhak untuk menjaga jarak dari orang-orang yang menyebabkan stres dan tidak memberikan dampak positif daalam hidup kita

Cuekin aja, ini adalah cara termudah agar kita tidak merasa terbebani sekaligus menghindari orang-orang toxic yang akan menghambat kehidupan kita yang penuh kebahagiaan. Tetap tenang dan membangun batasan sehingga tidak ada berinteraksi langsung adalah kuncinya! 

Saya bahkan jarang sekali baca komentar orang di WAG dan medsos, setelah share pergi aja seperti buang hajat hahaha 😄🙏











Posting Komentar untuk "Gus Fahrur Rozi: Menghadapi Pembenci"