Hajar Ketololan Imad, Gus Wafi: Imad Bukan Mufti Cuma Tukang Copas, Tak Boleh Diikuti

 




Sabtu, 17 Agustus 2024

Faktakini.info

Gus Wafi Sidogiri

Kita Gas dikit² ya saudara...

Kyai Imad mengatakan Dipodcast ‘’bisikan roma’’ dimulai menit 01:12:30. bahwa :

Orang yang tidak mengikuti tesisnya maka dia telah melakukan dosa !! 

Benarkah? Mari kita buktikan:

Kyai Imad berkata: bahwa taqlid setelah adanya argumen dan jelasnya dalil, itu adalah hal yang dilarang:

التقليد بعد ظهور الحجة والدليل هذا حرام

Dan kami menemukan ibarot yang sama persis dengan apa yang dikeluarkan oleh imad tepatnya dalam kitab hukmi attaqlid karangan syeh hamad bin nasir annajdi al hanbali, meskipun ini adalah karangan murid dari muhammad bin abdul wahab (Wahhabi/Salafi) namun ada baiknya kita teliti langsung kitab aslinya:

 كتاب حكم التقليد ص 37

أحدها: التقليد بعد قيام الحجة وظهور الدليل على خلاف قول المقلَّد: فهذا لا يجوز، وقد اتفق السلف والأئمة على ذمِّه وتحريمه (١).

Artinya : Taqlid setelah adanya argumen yang jelas dan dalil yang bertentangan dengan orang yang di ikuti maka yang demikian hukumnya haram untuk bertaklid. Para salaf dan imam telah sepakat atas keharamannya.

Lalu kita lihat foot notenya yang disampaikan oleh Dr. abdul azizi bin adnan al idan   

(١) قال شيخ الإسلام بعد أن ذكر الخلاف في حكم التقليد: (وهذا النزاع إذا لم يكن تبين له القول الموافق للكتاب والسنة، فإن تبين له ما جاء به الرسول؛ لم يجز له التقليد في خلافه باتفاق المسلمين) ينظر: منهاج السنة النبوية ٢/ ٢٤٤.

كتاب حكم التقليد ص 37

Artinya : Syekh Islam ibnu taimiyah setelah menjelasan hukum hilaf mengenai taqlid beliau berkata: "Perselisihan ini terjadi jika ucapan yang sesuai dengan Al-Qur’an dan Sunnah tidak jelas baginya, tetapi jika jelas baginya apa yang dibawa Rasulullah; Tidak boleh meniru apa pun yang berbeda dengannya, sesuai kesepakatan umat Islam"

Dari keterangan di atas bisa disimpulkan bahwa haram bertaqlid ketika dalil dan buktinya jelas namun jika tidak ada kejelasan di dalamnya maka boleh untuk bertaqlid, dan perlu di garis bawahi bahwa konteks pembahasan di atas mengenai dalil-dalil syariat. 

Kyai Imad menganggap tesisnya adalah suatu dalil dan argumen yang jelas mengenai terputusnya nasab Ba alwi, padahal masih banyak ulama yang menetapkan nasab Ba alwi. Hal ini mengindikasikan bahwa tesis Kyai imad sepenuhnya belum jelas, maka tidak wajib untuk diikuti, dan orang yang tidak mengikuti tesis Kyai imad tidak dihukumi berdosa melihat konteks yang ada dalam kitab hukmu attaqlid. 

Jika demikian maka Kyai Imad, secara tidak langsung, telah menganggap bahwa tesisnya setara dengan dalil syar’i dan ini sangat tidak etis dan ngawur sekali, karena dalam konteks usul fiqih dalil syariat cuma ada empat yang disepakati yaitu: Alquran, Hadis, Ijma, qiyas. Sedangkan tesisnya Kyai Imad bukan termasuk dari salah satu empat tadi,

<الوجيز في اصول الفقه د. وهبة الزحيلي ص ٢١

والدليل الشرعي : كل ما يستفاد منه حكم شرعي عملي ، سواء بطريق القطع ، أي العلم واليقين ، أم بطريق الظن ، أي غلبة الظن ، لذا كان الدليل نوعين : قطعي الدلالة وظني الدلالة

والأدلة نوعان : أدلة متفق عليها بين جمهور العلماء ، وهي الكتاب والسنة والإجماع والقياس ، وأدلة مختلف فيها وأشهرها سبعة : هي الاستحسان ، والمصلحة المرسلة أو الاستصلاح ، والاستصحاب ، والعرف ، ومذهب الصحابي ، وشرع من قبلنا ، وسد الذرائع .

Kyai Imad itu Naqil (hanya menukil) bukan Mufti, Maka tidak wajib untuk diikuti, hanya sebatas boleh saja (itupun jika tesisnya benar, jika sesat justru haram diikuti).

كتاب الفتاوى الفقهية الكبرى للامام ابن حجر الهيتمي ج 4 ص 296 

(وَسُئِلْت) هَلْ لِمَنْ قَرَأَ كِتَابًا أَوْ أَكْثَرَ وَلَمْ يَبْلُغْ دَرَجَةَ الْفَتْوَى أَنْ يُفْتِيَ الْعَامِّيَّ فِي وَاقِعَتِهِ أَوْ يَتْرُكَهُ فِي حَيْرَتِهِ وَإِذَا لَمْ يَجِدْ الْمَسْأَلَةَ مُسَطَّرَةً وَوَجَدَ لَهَا نَظِيرً. اهـ. ل لَهُ أَنْ يُفْتِيَهُ بِحُكْمِ وَاقِعَتِهِ حَمْلًا عَلَى النَّظِيرِ وَهَلْ لِلْمُتَبَحِّرِ فِي الْفِقْهِ حَدٌّ مَعْلُومٌ وَهَلْ لِلْمُفْتِي إذَا وَجَدَ فُتْيَا أُخْرَى فِي مَسْأَلَةٍ فَرْضِيَّةٍ فِي الْمُنَاسَخَاتِ أَنْ يُصَحِّحَ عَلَيْهِ مِنْ غَيْرِ اخْتِيَارِهِ وَلَوْ حَضَرَ لِفَرْضِيٍّ مَنْ يُرِيدُ اسْتِفْتَاءً فِي مَسَائِلَ عَوِيصَةٍ فِي الْمُنَاسَخَاتِ تَسْتَغْرِقُ عَلَيْهِ زَمَنًا طَوِيلًا فَهَلْ لَهُ أَنْ يَقُولَ لِلسَّائِلِ لَا أَصْرِفُ هَذِهِ الْمُدَّةَ فِي تَصْحِيحِ سُؤَالِك إلَّا بِأُجْرَةٍ مَعْلُومَةٍ وَإِذَا لَمْ يَصِحَّ مِنْهُ الِاسْتِئْجَارُ لِجَهْلِهِ بِالْعَمَلِ الْمُسْتَأْجَرَ لَهُ فَمَا حِيلَتُهُ مَعَ أَنَّ الْمُفْتِيَ لَيْسَ لَهُ مَا يَكْفِيهِ. 

(فَأَجَبْت) بِقَوْلِي لَيْسَ لِمَنْ قَرَأَ كِتَابًا أَوْ كُتُبًا وَلَمْ يَتَأَهَّلْ لِلْإِفْتَاءِ أَنْ يُفْتِيَ الْعَامِّيَّ إلَّا فِيمَا عَلِمَ مِنْ مَذْهَبِهِ عِلْمًا جَازِمًا لَا تَرَدُّدَ فِيهِ كَوُجُوبِ النِّيَّةِ فِي الْوُضُوءِ وَنَقْضِهِ بِلَمْسِ الذَّكَرِ أَوْ بِلَمْسِ الْأَجْنَبِيَّةِ وَنَحْوِ ذَلِكَ مِمَّا لَا مِرْيَةَ فِيهِ بِخِلَافِ مَسَائِلِ الْخِلَافِ فَإِنَّهُ لَا يُفْتِي فِيهَا نَعَمْ إنْ نَقَلَ لَهُ الْحُكْمَ عَنْ مُفْتٍ آخَرَ غَيْرِهِ أَوْ عَنْ كِتَابٍ مَوْثُوقٍ بِهِ وَكَانَ النَّاقِلُ عَدْلًا جَازَ لِلْعَامِّيِّ اعْتِمَاد قَوْلِهِ لِأَنَّهُ حِينَئِذٍ نَاقِلٌ لَا مُفْتٍ.

Artinya : Bagi orang yang sekedar membaca kitab atau beberapa kitab dan bukan ahli fatwa maka tidak boleh untuk memberikan kecuali yang ia ketahui dari madzhabnya dengan pengetahuan yang pasti seperti kewajiban niat dalam wudhu dan kebatalan wudhu dengan sebab menyentuh dzakar dan semisalnya. Hal ini, berbeda dengan masalah khilafiyyah, maka dia tidak boleh berfatwa dalam hal itu. Ya, jika ia hanya menukil hukum dari mufti lain atau dari kitab yang kredibel dan valid serta yang dia merupakan orang yang adil, maka boleh bagi awam untuk berpegangan dengan nukilan tersebut. Sebab, orang itu hanya sebatas naqil bukan mufti.

Konsekuensinya adalah bagi orang awam boleh mengikuti Naqil dan bukan sebuah keharusan. Jadi, kalau awam tidak mengikutinya maka tidak masalah.

Perlu diingat juga bahwa orang yang bertaqlid harus megikuti orang yang kredibilitasnya bisa dipertanggung jawabkan.

المحصول للرازي ص 81 ج 6

اتفقوا على أنه لا يجوز له الاستفتاء إلا إذا غلب على ظنه أن من يفتيه من أهل الاجتهاد ومن أهل الورع وذلك إنما يكون إذا رآه منتصبا للفتوى بمشهد الخلق ويرى اجتماع المسلمين على سؤاله واتفقوا على أنه لا يجوز للعامي أن يسأل من يظنه غير عالم ولا متدين

منهاج المتعلم للغزالي ص ٦٥

يجب أن يكون المعلم ماهراً في فن يعلمه، وأن يكون طاهر القلب واللسان، وأن يكون نظيفاً عن الغيبة، وعدلاً في الدين، وناصحاً ت ١/١١] في جميع الأمور، وملائماً في العيش، وشريفاً في النسب، وكبيراً في السن، وألا يكون غضوباً، وألا يخالط السلطان، ولا يلابس الدنيا بشغله

Ibarot di atas ini sangat jelas bahwa kita hanya boleh mengikuti orang yang sudah jelas ahli ijtihad atau ulama yang keilmuannya benar² mempuni. Jika hanya bermodal copy paste (apalagi copy paste dari tulisan aliran sesat) dan bhs. Arabnya saja belum lancar, maka tidak boleh bagi kita mengikutinya. 

Wallahua'lam..

Posting Komentar untuk "Hajar Ketololan Imad, Gus Wafi: Imad Bukan Mufti Cuma Tukang Copas, Tak Boleh Diikuti"