Pernyataan Master Nasab Kelas Dunia tentang Nasab Bani Alawi

 




Senin, 26 Agustus 2024

Faktakini.info

Foto: Penulis bersama pakar yang juga pengawas Dar an-Naqabah Iran, Ayatullah Sayyid Mahdi Raja’iy. (Istimewa)

Oleh: Habib Zahir bin Yahya*

Bermula dari perjalanan saya bersama keluarga ke Republik Islam Iran di bulan Ramadan kemarin (1445 H/2023 M). Saya menginjakkan kaki di bumi sejuta ulama itu (Republik Islam Iran) untuk menyambut momen kehadiran cucu pertama. Sungguh saat itu saya merasakan bahagia yang sulit diungkap dengan kata-kata.

Selama di sana, hari-hari saya harus berjuang mencari koneksi internet yang situasinya ‘timbul tenggelam’ dan tidak stabil. Maklum, akibat peristiwa kerusuhan beberapa waktu lalu (kasus kewafatan Mehsa Amini), Pemerintah Republik Islam masih harus tetap membatasi pemanfaatan internet sampai waktu yang tidak ditentukan. Di sela-sela itulah, saya dikejutkan oleh kabar viral dan sedang trending di platform YouTube.

Seorang kiai, yang konon punya minat dalam telaah nasab, tiba-tiba mengangkat isu yang tidak lazim. Nasab keluarga Ba’alawi di Indonesia, katanya, terputus. Itu terjadi, kata dia, karena sosok bernama Sayyid Abdullah/Ubaidillah ‘tidak terkonfirmasi’ keberadaannya sebagai putra Sayyid Ahmad bin Isa al-Muhajir. Sudah umum diketahui, Sayyid Alwi putra Ubaidillah putra Ahmad al-Muhajir adalah akar rumpun sekaligus penghubung nasab mereka kepada Rasulullah saw melalui jalur Imam Husain, Imam Ali bin Abi Thalib, dan Sayidah Fatimah ‘alaihimus salam.

Pernyataan kiai itu sontak menyulut pro kontra. Perdebatan di ruang publik pun semakin liar dan tak kenal juntrungan. Gejala ini menunjukkan perdebatan itu seperti sengaja digiring menuju kegaduhan. Sebaliknya, belum terlihat tanda-tanda masalah itu akan didudukkan dalam ruang telaah ilmiah.

Menariknya lagi, sejumlah nama yang disebut-sebut sebagai rujukan dalam perdebatan ini tak lain dari tokoh-tokoh ilmuwan yang berasal atau bahkan tinggal di Republik Islam Iran. Di antaranya:

Pertama, Muhammad Kazhim Mahmudi, peneliti kitab Tahdzib al-Ansab dll.

Kedua, Sayyid Mahmud Mar’asyi, pengawas penelitian kitab Tahdzib al-Ansab, al-Majdi, al-Fakhri dll.

Ketiga, Sayyid Mahdi Raja’iy, peneliti kitab ‘Umdah ath-Thalib, kitab asy-Syajarah al-Mubarakah dll.

Keempat, Ayatullah al-Mar’asyi, an-Najafi, pakar nasab dan guru tiga nama di atas.

Bersama keluarga, saya melakukan sejumlah aktivitas di Iran. Utamanya, berziarah ke pusara suci Imam Ali Ridha as di Mashad, provinsi Khurasan serta pusara para zuriyah Rasul di kota tua Naisabur, Tehran, dan Qom. Maka di sela-sela semua itu, saya menyempatkan diri untuk mengunjungi seorang pakar nasab yang telah menulis puluhan karya ilmiah. Pakar yang juga pengawas Dar an-Naqabah, Iran, itu adalah Ayatullah Sayyid Mahdi Raja’iy.

Sebelum memulai percakapan dengan Ayatullah Sayyid Mahdi Raja’iy, ada hal menarik yang kami dengar dari beliau. Saat itu beliau menanyakan kami yang datang berasal dari marga/keluarga apa saja di antara keluarga sadah (zuriyah Nabi) yang menyebar di Indonesia. Spontan kami menjawab bahwa kami berasal dari marga bin Yahya, al-Hamid dan bin Syihab. Kendati dalam hati, kami berbisik bahwa ke-sayyid-an kami tengah dipertanyakan oleh sebagian orang di Indonesia. Karenanya, kami mengharapkan konfirmasi dari beliau selaku master nasab kelas dunia.

Kemudian saya beserta dua kandidat doktor yang menemani saya, yaitu Idrus al-Hamid dan Ali Syihab, menceritakan seputar isu viral akhir-akhir ini di Tanah Air. Setelah mendengar cerita kami, Ayatullah Sayyid Mahdi Raja’iy sebagai pakar nasab lalu menyampaikan klarifikasinya. Dalam ruangan dengan ribuan kitab yang berjejer apik di tempatnya, kami pun menyimak klarifikasi beliau dengan penuh antusias.

Di antara penjelasannya, beliau mengatakan, “Bani Alawi sebagai zuriyah Rasulullah adalah satu hal. Bani Alawi sebagai rumpun yang berasal dari Alawi putra Ubaidilah putra Ahmad putra Isa al-Muhajir adalah hal lain. Itu adalah dua proposisi berbeda dan tidak boleh dicampur-adukkan.”

Terus terang, bagi kami klarifikasi beliau terbilang amat mencerahkan. Seolah-olah benang kusut dan semua keruwetan seputar isu yang membuat gaduh seisi ruang publik itu mulai terurai satu demi satu. Duduk perkaranya juga makin terlihat di hadapan kesadaran kami.

Menurut Ayatullah Sayyid Mahdi Raja’iy, menetapkan ke-sayyid-an seseorang tidak identik dengan mengafirmasi seluruh detail nama yang terdapat dalam pohon (syajarah) nasabnya. Lebih jauh lagi, beliau menceritakan bahwa nassabah agung yang juga guru besar beliau, Alm. Ayatullah Syihabuddin al-Mar’asyi an-Najafi, mengonfirmasi sejumlah keluarga sadah di berbagai daerah, kendati nama-nama dalam silsilah nasab mereka tidak disebutkan dalam berbagai buku nasab. Hal itu karena keberadaan syajarah nasab bukanlah satu-satunya bukti penetapan ke-sayyid-an.

Ketenaran (syuhrah) nasab seseorang di suatu negeri merupakan parameter penetapan nasab sesuai dengan dasar-dasar ilmu syariat dan ilmu nasab, serta disepakati oleh seluruh imam mazhab, baik Sunnah maupun Syiah, tanpa terkecuali. Artinya, boleh jadi tidak ada dua sosok adil atau ahli nasab yang secara khusus mengonfirmasi ke-sayyid-an seseorang. Kendati demikian, ke-sayyid-annya masih dapat ditetapkan melalui syuhrah yang menyebar di suatu negeri yang para penghuninya mengenali dia sebagai sayyid. Namun sekali lagi, hal ini terlepas dari apakah khalayak mengetahui/menyepakati detail nama dalam silsilah nasabnya atau tidak.

Luar biasa! Betapa rendah hati, dan akomodatif sekali pandangan seorang yang karya tulis dan penelitian ilmiahnya dalam bidang nasab memenuhi rak buku berbagai perpustakaan! Sebagai spesialis yang memahami betul seluk beluk ilmu nasab, beliau benar-benar mampu mengakomodasi, sekaligus mengapresiasi apa yang menjadi semacam konsensus informal di tengah masyarakat dalam mengidentifikasi ke-sayyid-an seseorang!

Sementara itu, nun jauh di negeriku, di daratan Jawa tercinta, entah bagaimana, tiba-tiba muncul seseorang ‘peneliti’ nasab. Padahal, namanya saja tidak dikenali oleh para pakar nasab dunia. Tapi dengan nada angkuh dan meledak-ledak, ia merobek-robek atmosfer keintiman hubungan antara kalangan yang selama ini dikenal sebagai ‘zuriyah’ dengan komunitas yang selama ini, dikenal sebagai ‘muhibbin para zuriyah’.

Gara-garanya hanya sepele. ‘Peneliti’ yang tidak punya “nasab keilmuan” tentang nasab itu tak menemukan nama seseorang dalam beberapa literatur abad-abad terdahulu. Lalu, ia pun buru-buru menyimpulkan secara naif, karena nama yang dimaksud tidak ditemukan, maka ia tidak ada.

Berkenaan dengan keluarga Bani Alawi/Ba’Alawi yang tersebar di Nusantara dan juga di Hadramaut, Ayatullah Sayyid Mahdi Raja’iy meyakinkan kami bahwa, “Ada syuhrah ratusan tahun hingga saat ini, ditambah dengan keberadaan Dar an-Naqabah di beberapa negara yang mencatat nasab mereka.”

“Adapun kenapa silsilah mereka tidak tercantum dalam kitab-kitab referensi terdahulu, seperti kitab Tahdzib al-Ansab dan Umdah ath-Thalib, hal itu disebabkan para penulis kitab nasab di era itu rata-rata tinggal di negeri Irak dan Iran, sementara Sayyid Abdullah/Ubaidillah bermigrasi dari negeri asalnya dan putra-putra beliau berada di Yaman sehingga para nassabah di zaman itu tidak mendapatkan akses informasi seputar keberadaan mereka di tempat hijrah.”

Sama seperti klarifikasi pertama, penjelasan Ayatullah Sayyid Mahdi Raja’iy ini juga menjadi kunci yang seyogianya membuka mata kita lebar-lebar tentang fakta ‘keterbatasan’ para ulama nasab dalam menghimpun informasi dan data. Sebab, mereka juga tunduk pada unsur ruang dan waktu yang belum mengalami kemajuan teknologi informasi dan fasilitas transportasi yang memudahkan mobilitas mereka dari satu tempat ke tempat lain.

Seorang pakar nasab seperti Sayyid Mahdi Raja’iy yang telah men-tahqiq puluhan kitab nasab tentu tidak berandai-andai tentang fakta di atas. Itu artinya, jika para pakar nasab mutakhir berhasil menghimpun nama-nama yang tidak tercatat dalam referensi lama, maka itulah situasi logis dan natural yang semestinya terjadi, tentu karena dukungan teknologi dan berbagai kemudahan lainnya. Belum lagi jika kita tambahkan faktor situasi sosial-politik yang melatarbelakangi diaspora keluarga Sayyid Ahmad bin Isa al-Muhajir atau bahkan keluarga Ahlulbait Nabi secara umum.

Perilaku Penguasa terhadap Zuriyah Nabi

Berbicara tentang Ahlulbait dan zuriyah Nabi adalah berbicara tentang komunitas yang secara turun-temurun menjadi sasaran kebencian dan permusuhan para penguasa di masanya. Dalam situasi normal, mereka tentu enggan berhijrah jauh dari negeri para leluhur, khususnya tempat tinggal kakek mereka, Rasulullah saw. Jika faktanya mereka menjalani diaspora dan bermigrasi ke berbagai kota dan negeri, maka hal itu biasanya karena tidak ada faktor keamanan di lingkungan mereka berada sehingga memaksa mereka hijrah ke tempat yang jauh. Tak ayal, hijrah akibat masalah keamanan biasanya disertai dengan strategi ‘under cover’ agar tidak mudah diendus dan disasar oleh musuh.

Setelah mendapatkan penjelasan panjang lebar dari Ayatullah ‘master nasab’ (yang sebagiannya, jika diperlukan, akan kami sampaikan pada tulisan-tulisan berikutnya), kami meminta kesediaan beliau untuk memberikan pernyataan tertulis terkait keabsahan Bani Alawi/Ba’alawi sebagai sadah dan zuriyah Rasulullah. Sisi yang mengejutkan dari respons beliau adalah ketika beliau mengatakan, “Perkara ini tidak ada hubungannya dengan Sunnah dan Syiah. Saya siap memberikan pernyataan tertulis yang Anda minta.”

Berikut adalah pernyataan dari Pusat Studi Nasab Sadah/Asyraf dengan dibubuhi stempel Sayyid Mahdi Raja’iy, nassabah ternama di zaman ini.

Adapun terjemahan dari pernyataan tertulis Ayatullah Sayyid Mahdi Raja’iy adalah sebagai berikut:

Akhir-akhir ini telah sampai kepada kami informasi mengenai adanya keraguan atau pengingkaran terhadap nasab sadah Bani Alawi. Keraguan dan pengingkaran ini disampaikan oleh kalangan yang berminat dengan ilmu nasab maupun kalangan pelajar agama yang memiliki pengaruh di media sosial. Alasan keraguan dan pengingkaran tersebut karena tidak tertulisnya nama anak Ahmad bin Isa yang bernama Abdullah atau Ubaidillah dalam beberapa kitab nasab sezamannya dan beberapa abad setelahnya hingga abad 8 Hijriah.

Sebagai peneliti dan pen-tahqiq turats ilmu nasab Islam yang telah meneliti dan menulis di bidang ini selama puluhan tahun, saya ingin menegaskan bahwa Bani Alawi adalah sadah keturunan Ahmad bin Isa al-Muhajir melalui anaknya yang bernama Abdullah yang dikenal juga dengan Ubaidillah. Keabsahan nasab sadah Bani Alawi secara fiqih, ilmu, berbagai fakta sejarah, serta taqrir para ulama nasab telah menjadi kemasyhuran (syuhran) selama berabad-abad.

Masalah tidak tertulisnya salah satu anak Ahmad bin Isa yang bernama Abdullah (Ubaidillah) tidak menafikan keberadaannya dan hal seperti ini adalah suatu hal yang lazim ditemui di beberapa kitab nasab yang ditulis di masa-masa awal penyusunan kitab-kitab nasab. Terdapat sejumlah faktor yang menyebabkan tidak tertulisnya nama seseorang dalam kitab nasab, di antaranya adalah situasi sosial politik saat itu atau tidak sampainya informasi nama itu kepada para penulis nasab di zaman tersebut karena jarak yang jauh atau daerah mereka berhijrah. Dalam kasus Abdullah (Ubaidillah), jelas terlihat bahwa hijrahnya ke wilayah yang berbeda dengan wilayah para penulis nasab awal yang umumnya berada di Irak maupun Iran menyebabkan nama beliau tidak sampai ke para penulis nasab tersebut.

Demikian taqrir ini dibuat untuk memberikan kejelasan bagi yang ingin mengetahuinya dan agar menghilangkan keraguan terhadap absahnya nasab Bani Alawi yang bersambung kepada Imam Husain as.

Akhir kata, saya memohon kepada Allah Swt agar kita semua semakin sukses dalam menjaga kesucian dan kecintaan kepada Ahlulbait Rasulillah saw dan zuriyah mereka yang mulia.

16 Ardibehesht 1402 HS

15 Syawal 1444 HQ

(Sayyid Mahdi Raja’iy)

TOK! Bani Alawi/Ba’alawi sah sebagai sadah keturunan Sayyid Ahmad bin Isa al-Muhajir melalui putra beliau bernama Abdullah/Ubaidillah.

Akhir cerita, izinkan saya berbagi visi kepada khalayak pembaca. Orang cerdas lebih berminat menyimak dan mencerap pencerahan ahli/master di bidangnya. Hanya orang yang haus provokasi dan gemar kegaduhan saja yang meminati ‘perdebatan seolah ilmiah’ dalam ‘forum keilmuan bergengsi’ bernama YouTube. (*Ketua Umum Ahlulbait Indonesia)

Sumber: beritaalternatif


Posting Komentar untuk "Pernyataan Master Nasab Kelas Dunia tentang Nasab Bani Alawi"