Tanggapan Gus Wafi atas Ngawurnya Aziz Jazuli soal Imam Ibnu Hajar dan Nasab Ba'alawi

 



Ahad, 18 Agustus 2024

Faktakini.info

Tanggapan Gus Wafi atas Ngawurnya Aziz Jazuli soal Imam Ibnu Hajar dan Nasab Ba'alawi

Gus Wafi 

Tanggapan untuk gus Ajiz Jazuli dkk..,, 

Saya lihat, gus Ajiz Jazuli lebih kompeten ketimbang kyai Imad dalam berargumen, sehingga saya lebih tertarik untuk menanggapi beliau dari pada kyai Imad. Meskipun beliau semua sama² cerdas dalam berkelit, bukan berhujjah.

Pertama,

Gus Ajiz Jazuli berkata: bahwa Imam Ibnu Hajar dalam kitab At-Tsabat mengeklaim kesahihan nasab Ba'alawi hanya karena kedekatan beliau dengan cucu-cucu Abu Bakar bin Abdullah bin Abu Bakar Alaydrus al-Adni, karena Ibnu Hajar tidak pernah bertemu langsung dengan Abi Bakar bin Abdullah bin Abubakar Alaydrus al-Adni, dan mengaku memiliki sanad kepada beliau, menurut gus Djazuli dkk itu cuma klaim sepihak.

Padahal, meskipun Ibnu Hajar tidak pernah bertemu langsung dengan Abi Bakar bin Abdullah bin Abu bakar Alaydrus al-Adni, beliau bertemu dengan banyak muridnya sehingga kata Ibnu Hajar dengan jujur:

ثبت الإمام شيخ الإسلام ابن حجر الهيتمي ص ١٩٥ ط دار الفتح

وَهُوَ وَإِنْ لَمْ أَلْقَهُ أَيْضًا لَكِنِّي لَقِيتُ كَثِيرًا مِنْ تَلاَمِذَتِهِ وَوَقَعَ بَيْنِي وَبَيْنَهُمْ مَا يَجُوزُ لِي الرِّوَايَةُ عَنْهُ.

“Meskipun aku tidak pernah bertemu dengannya akan tetapi aku bertemu dengan banyak muridnya sehingga aku boleh meriwayatkan darinya.” ini adalah pengakuan Ibnu hajar sendiri.”

Gus Ajiz Jazuli juga mengeklaim bahwa ibarot yang ada di tsabat hanya menyalin yang ada di kitab al-juz’u al-latif, mari kita bandingkan;

Pertama ibarot dalam kitab al-Juz’u al-Latif halaman 485:

ولنا أيضاً بهذا الإسناد خمس خرق

الأولى : إلى الشيخ الشريف عبد القادر الجيلاني رضي الله عنه

الثانية : إلى الشيخ الشريف الرفاعي

الثالثة : إلى الشيخ السهروردي

الرابعة : إلى الشيخ أبي مدين

الخامسة : إلى الشيخ أبي إسحاق الكازروني

ولي طريق أخرى سادسة : بإسنادها المتصل إلى أبي الحسن الشاذلي رضي الله عنهم 

فتمت لي بحمد الله ست خرق مسلسلة إلى المشايخ المذكورين وسأذكر مشايخي رضي الله عنهم إلى الخرقة القادرية، ثم أشرع بعد في إسنادها، فإنه كان الغالب على أهل اليمن ومناصبهم المشهورة انتمائهم إلى الشيخ عبد القادر، ما خلا الفذ القليل؛ كالسادة الأشراف آل باعلوي، وآل العمودي، وسيدي الولي العارف ، ذي الأحوال والمعارف، القطب الغوث، الشيخ جوهر العدني نفع الله به ، فإن نسبته مما اشتهر إلى الشيخ أبي مدين أيضاً ، وكذلك جد آل با معبد

Ke-dua ibarot dalam kitab ats-Tsabat halaman 196:

وحاصل ما له في ذلك: أنه أخذ لبس الخرقة وتوابعه عن أكبر مشايخ اليمن المشهورين وساداتهم، وهؤلاء كلهم تنتهي مسانيدهم إلى القطب عبد القادر الجيلي، وبعضهم ينتهون إلى بعض أهل عصر الجيلي كالقطب أبي مَدْيَن والقطب الشاذلي والقطب أحمد الرفاعي والإمام السُّهْرَوَردي والإمام الكازروني، وسيتضح ذلك بما سنذكره

Mungkin ibarot ini yang gus Djazuli maksud, kata beliau percis tapi dari mana persisnya ya? Di samping itu, Imam Ibn Hajar juga memakai dhamir ya mutakallim yang berarti “Saya sendiri”. Kalau cuma nyalin masa pake bahasa “Saya punya sanad”?

Gus Ajiz Jazuli menyinggung kitab: Syadzarat adz-Dzahab karangan ibnu Imad al-Hanbali, mari kita lihat ibarot kitabnya:

شذرات الذهب ج 10 ص 625

(سنة اثنتين وتسعين وتسعمائة)

فيها توفي الولي الكبير الشيخ أبو بكر بن سالم باعلوي.

قال في «النور»: كان من المشايخ الأفراد المقصودين بالزيارة من أقصى البلاد، وانتفع ببركته الحاضر والباد، وانغمرت بنفحات أنفاسه العباد، واشتهرت كراماته ومناقبه في الآفاق، وسارت بها الرّكبان والرّفاق، ووقّع على ولايته الإجماع والاتفاق. توفي- رحمه الله تعالى- ليلة الأحد السابع والعشرين من ذي الحجّة بعينات- بكسر المهملة، وسكون المثناة التحتية، وقبل الألف نون، وبعدها مثناة فوقية- من قرى حضرموت على نصف مرحلة من تريم


شذرات الذهب ج 10 ص 451

وفيها أحمد بن علوي بن محمد بن علي بن جحدب بن عبد الرحمن ابن محمد بن عبد الله بن علوي بن باعلوي اليمني الزاهد.


شذرات الذهب ج 10 ص 121

وفيها الشيخ شيخ بن إسماعيل بن إبراهيم بن الشيخ عبد الرحمن السّقاف اليمني السيد الجليل، صاحب الكرامات الخارقة والآيات الصادقة. كان من كبار مشايخ اليمن، حكي عنه أنه قيل له هاهنا رجل تحصل له حالة عظيمة عند السماع، فقال: ليس الرجل الذي يحتاج إلى محرك يحركه، إنما الرجل الذي لا يغيب عنه الشهود حتى في حالة الجماع فضلا عن غيره. توفي بالشّحر ودفن بها.


Ibnu Imad al-Hanbali dalam kitabnya sangat jelas menetapkan nasab Ba'alawi, jadi gus Ajiz Jazuli salah kaprah dalam meng-counter ulama yang menisbatkan nasab Ba'alawi.


Kedua,


Gus Jazuli berkata: bahwa as-Shan’ani dalam kitab al-Masail al-Mardhiyyah yang dikutip oleh habib Hanif tentang itsbat nasab Ba-alawi secara syar’an, wa ‘aqlan, wa ‘urfan, itu menurut Gus Ajiz Jazuli karena sudah ada fremingan kepada Ba'alawi, padahal dalam manuskrip aslinya, (lihat foto di bawah tulisan ini)


As-Shan’ani berkata dengan lantangnya “Mereka (Ba’alwi) termasuk dari keturunan rasulullah syar’an, wa ‘aqlan, wa ‘urfan,”


Ketiga,


Gus Ajiz Jazuli berkelit: mengenai klaim Syekh Yusuf an-Nabhani dalam kitabnya Riyad al-Jannah fi adzkar al-Kitab wa as-Sunnah yang terang-terangan me-nisbat nasab ba-alawi, itu karena beliau sebelum menulis kitabnya meminjam kitab dari salah seorang ba-alwi dan mengambil banyak untuk kitabnya dari kitab yang beliau pinjam.


Mari kita lihat ibarotnya:


رياض الجنة في أذكار الكتاب والسنة ص 23

واطلعني على كتاب في الاذكار المأثورة اسمه راحة الأرواح بذكر الفتاح نحو الحزب الأعظم لملا علي القاري، ومعه حاشية عليه، مشتملة على تخريج أحاديثه وفوائد كثيرة أخرى، كلاهما تأليف جده العلامة الكبير السيد زين العابدين جمل الليل مفتي المدينة المنورة المتوفى سنة ١٢٣٦ هجرية، فطلبت منه أن يعيرني إياه ويأذن لي بأن أنقل منه ما شئت، وقلت له إني الآن مشغول بتأليف كتاب من هذا القبيل، فأنعم به وأذن لي بذلك جزاه الله خيراً، فلما طالعته وجدته من أجمع وأنفع الكتب التي ألفت في هذا الشأن، وقد ذكر في مقدمته كتب الحديث التي نقله منها، ونص في الحاشية على تخريج كل حديث منه، ونسب كل ذلك إلى محله، فتتبعته وحاشيته وانتفعت بهما انتفاعاً عظيماً.


"Habib Zainal Abidin Jamalullail memperlihatkan sebuah kitab kepada saya yang berisi tentang sebuah dzikiran yang berjudul 'Rahatul Arwah bi Zikir al-Fattah Nahwa al-Hizb al-A’zham' oleh Mulla Ali al-Qari, beserta dengan catatan di dalamnya, yang mencakup takhrij hadis-hadisnya dan berbagai manfaat lainnya. Buku tersebut merupakan karya dari kakeknya, ulama besar Syaikh Zain al-Abidin Jumal al-Lail, Mufti Madinah yang wafat pada tahun 1236 Hijriyah. Saya memohon agar Anda meminjamkan buku tersebut kepada saya dan memberikan izin untuk menyalin apa yang saya perlukan dari buku tersebut."


Di sini jelas bahwa kitab-kitab yang beliau pinjam bukan tentang nasab melainkan kitab tentang dzikir-dzikir yang bersumber dari Al-Quran dan hadis, jadi ketika beliau menyalin seharusnya menyalin tentang dzikir-dzikir ke dalam kitabnya bukan tentang nasab. 


Kesimpulan; klaim Syekh Yusuf an-Nabhani dalam kitabnya Riyad al-Jannah fi adzkar al-Kitab wa as-Sunnah yang terang-terangan me-nisbat nasab ba-alawi itu tidak menyalin dari kitab yang beliau pinjam dari salah seorang ba'alawi. melainkan karena memang nasab Ba'alawi itu benar adanya.


Keempat,


Gus Ajiz Jazuli berkelit: bahwa sayyid Murtadho az Zabidi itu dikritik oleh Husain bin Haidar al-Hasyimi mengenai kitab Musyajjar az-Zabidi dalam menambahi nasab, maka menurutnya ucapan Sayyid Murtadho az-Zabidi tidak kredibel untuk dibuat pegangan dalam ilmu nasab, padahal kalau kita lihat ibarot kitabnya:


رسائل في علم الأنساب ص ٧٠

ولذا فإن مرتضى الزبيدي والرفاعي يتابعان في زياداتهما ولا يسلم لهما ما زادا في المشجر الكشاف إلا ما اعتمده نسابو أهل البيت، ولا يعني كلامنا أن لا دراية لهما بالأنساب، بل لأنهما لم يلتزما بقوانين المهنة، ولتساهلهما في مواطن الحزم.


"Oleh karena itu, al-Murtadha al-Zabidi dan al-Rifa'i mengikuti penambahan yang mereka buat, dan tidak diterima dari mereka penambahan pada kitab Musyajjar al-Kassyaf kecuali apa yang diterima oleh ahli silsilah keluarga Nabi. Ini tidak berarti bahwa mereka tidak memiliki pengetahuan tentang silsilah, tetapi karena mereka tidak mematuhi aturan profesi (mereka sebagai Ahli nasab) dan penyepelean mereka dalam beberapa hal."


Memang, al-Murtadha al-Zabidi itu dkrirtik oleh Husain bin Haidar al-Hasyimi seperti redaksi di atas, namun dengan catatan jika tambahan yang ditulisnya itu bertentangan dengan ulama nasab dari kalangan Ahlul bait, jika tidak bertentangan maka tidak masalah untuk dijadikan landasan nasab seseorang. Jadi,  salah besar jika Gus Ajiz Jazuli mengeklaim bahwa Sayyid Murtadho az-Zabidi tidak bisa dijadikan pegangan menurut al-Hasyimi secara mutlak. Maka dari itu kita akan menyebutkan ulama-ulama yang menisbatkan nasab Ba alawi:

 

1. Al-Imam an-Nasabah as-Sayyid Murtadha az-Zabidi 

2. Al-Imam al-Muarrikh Bahaudin al-Janadi al-Yamani

3. Al-Imam an-Nassabah Muhammad Kadzim bin Abi al-Futuh al-Yamani

4. Al-Imam an-Nasabah as-Sayyid Muhammad bin al-Husain as-Samarqandi

5. Syaikhul Islam al-Faqih al-Imam Ibnu Hajar al-Haitami

6. Al-Allamah al-Muarrikh Abdurrahman bin Muhammad al-Khathib al-Anshari at-Tarimi

7. Al-Imam al-Muarrikh Abu al-Hasan Ali bin al-Hasan al-Khazraji

Dan Masih banyak lagi ulama kelas dunia yang non Ba'alawi, mengisbat keabsahan nasab mereka.

NB: Kalau semuanya pake asumsi “Itu cuma nyalin” semua orang juga bisa bicara demikian.

Wallahua'lam...

Posting Komentar untuk "Tanggapan Gus Wafi atas Ngawurnya Aziz Jazuli soal Imam Ibnu Hajar dan Nasab Ba'alawi"