Prabowo dan bangsa ini mesti waspada Jokowi mau reshuffle kabinet ?

 



Ahad, 22 September 2024

Faktakini.info

Prabowo dan bangsa ini mesti waspada Jokowi mau reshuffle kabinet ?

Damai Hari Lubis

Pengamat Hukum & Politik Mujahid 212

Untuk apalagi Jokowi mau meresafel kabinet. Kemana arah politiknya, bukan kah sudah hampir habis masa jabatannya, tidak sampai sebulan lagi. 

Walau, penggantian menteri menurut sistem hukum NRI memang hak prerogatif Presiden RI. Dan menjadi haknya kapan pun Ia mau gunakan. 

Namun apa kepentingannya ? efektif kah seorang menteri menjalankan program yang tersisa tidak sampai 30 hari ?

Namun Prabowo yang bakal dilantik menjadi RI. 1 dah umumnya bangsa ini, mesti ekstra waspada.

Andai Prabowo dicopot dan digantikan, maka mesti diperhatikan siapa sosok bakal penggantinya. Apakah Moeldoko ? Lalu apakah Menlu Retno digantikan juga, sementara sisi pandang Sang Menlu terhadap perjuangan Palestine cukup nice disertai dukungan oleh umumnya mayoritas bangsa ini.

Jika benar, Prabowo digantikan oleh sosok Moeldoko yang dikenal loyalis Jokowi, lalu mungkin kah hal yang tak diduga-duga akan terjadi ? Yang diikuti dengan pengumuman dari Jokowi perihal pengunduran dirinya dari kursi RI.1 dan sepaket dengan Wapres KH. Maruf Amin.  

Andai benar terjadi peristiwa seperti ini, tentu akan melahirkan teori kepemimpinan nasional dengan pola triumvirat, yaitu NRI dipimpin oleh 3 orang menteri, yakni Menhan, Menlu dan Mendagri Tito, yang juga loyalis Jokowi.

Dampaknya, bisa menimbulkan eskalasi politik nasional yang hot, menuju puncak kegentingan oleh sebab eskalasi politik nasional yang tak menentu, dapat melahirkan kondisi chaotic. Dan tentu saja bisa membuat ditundanya upacara pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran RR. Pada 20 Oktober 2024 sebagai pasangan Presiden RI dan Wapres RI.

Dan biasanya, andai roda pemerintahan pada sebuah negara mengalami ketidaknyamanan dalam kehidupan sosial politiknya. Tentu otomatis akan berdampak negatif terhadap kelangsungan perekonomian dan bakal diikuti kacau balaunya sektor penegakan sistim hukum dan ketertiban masyarakat atau Chaos.

Oleh sebab kehidupan politik adalah cermin parameter kehidupan alam nyata, dalam perspektif poltik hukum, bukan kehidupan pars malaikat dan bukan pula kehidupan para setan, sehingga patut mereka-rekanya menggunakan teori asumtif terlebih ada "big data" gejala-gejala perilaku seorang Jokowi selama Ia berkuasa ?

Disebabkan narasi artikel ini bukan sebuah konklusif, karena tidak utuh, melainkan "elusif" sehingga butuh pembuktian terjadinya fakta peristiwa, namun tetap membutuhkan KEWASPADAAN SEMUA PIHAK !

Referensi: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20240921161916-32-1146827/jokowi-beri-sinyal-bakal-reshuffle-kabinet-di-penghujung-jabatan?utm_source=twitter&utm_medium=oa&utm_content=cnnindonesia&utm_campaign=cmssocmed&s=08

Posting Komentar untuk "Prabowo dan bangsa ini mesti waspada Jokowi mau reshuffle kabinet ?"