[Video] Imad-Abbas Kecele, Pahlawan Banten ternyata Sayyid Alhaddad Ba'alawi, Namanya Ada di Monumen Lengkong

 






Selasa, 3 September 2024

Faktakini.info, Jakarta - Sekte Imad bin Sarman Begal Nasab tak henti-hentinya menyebarkan hoax dan fitnah terhadap para Habaib. Selain menghujat dengam sebutan antek penjajah, Imaduddin juga bilang tidak ada satu pun Ba'alawi atau Habaib yang gugur dalam berperang melawan penjajah.

Namun faktanya tidak jauh dari tempat tinggal Imad di Banten, Sayyid Muhammad Alhaddad Ba'alawi adalah salah satu syuhada yang wafat dalam peristiwa Lengkong 25 Januari 1946. Nama beliau tertera sebagai salah satu pahlawan di Monumen Palagan Lengkong yang berlokasi di Jl. Bukit Golf Utara No.2, Lengkong Wetan, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15310, namanya tertera di nomor urut 1.

Monumen ini dibuat pada 26 Januari 1964, 21 tahun setelah pertempuran terjadi. Perwira yang meninggal pada kejadian itu, namanya tercatat di monumen ini. Selain itu, ada sebuah rumah di kawasan monumen yang disebut rumah Lengkong. Rumah ini juga dianggap menjadi bagian dari Monumen Palagan Lengkong.

Nilai sejarah dalam pembangunan monumen ini ialah mengenang pertempuran Lengkong. Di monumen ini terdapat tulisan “Taman Daan Mogot”. 

Monumen itu sendiri menggambarkan peristiwa pertempuran antara pasukan Mayor Daan Mogot melawan tentara Jepang pada Jumat 25 Januari 1946. 

Dari pihak Indonesia, total ada 33 taruna dan 3 perwira yang tewas termasuk Mayor Daan Mogot, Letnan Soebianto Djojohadikusumo, Letnan Soetopo dan Sayyid Muhammad Alhaddad.

Fitnah dan ujaran-ujaran kebencian Imad saking bencinya terhadap para Ba'alawi dzurriyah Rasulullah SAW tentu sangat keji dan biadab, terutama jika kita mau balik bertanya saat peristiwa Lengkong itu si Arsa kakeknya Imad ada dimana? Apakah justru berada di pihak penjajah dan membunuhi para pejuang nusantara? 

Karena leluhur Imad bin Sarmana bin Arsa itu tidak jelas. Nama Utsman yang diambil Imad sebagai nama panggungnya ternyata cuma nama cangkokan karena Utsman ini kakek grade ke-3 dari Syu'arah ibu kandungnya Imad.

Lokasi tepatnya Monumen Palagan Lengkong berada menjelang pintu masuk Damai Indah Golf di area Taman Daan Mogot. Area ini sekaligus menjadi bagian terdepan perumahan Bukit Golf Terrace BSD City. Lokasinya mudah dijangkau dengan  transportasi umum ataupun pribadi. 

Monumen ini dibuka untuk umum setiap hari tanpa ada peraturan resmi mengenai jam buka dan tutupnya.

Kita akan merasa tenang bila mengunjungi Monumen Palagan Lengkong. Suasana di tempat ini tidak terlalu ramai. Keramaian terjadi hanya ketika ada tour secara rombongan yang mengunjungi lokasi ini.

Selain itu, monumen ini juga sangat asri. Terdapat banyak pepohonan serta tanaman hijau yang tumbuh subur di sekitar monumen. Tidak akan menjadi masalah apabila kita berkunjung pada saat siang yang terik. Monumen yang terawat tanpa ada vandalisme di bagian rumah Lekong pun menjadi nilai tambah, membuat suasana semakin menyenangkan.







 




Klik video:


.



3 komentar untuk "[Video] Imad-Abbas Kecele, Pahlawan Banten ternyata Sayyid Alhaddad Ba'alawi, Namanya Ada di Monumen Lengkong"

  1. Bagus ini buat sejarah biar tau generasi muda anak bangsa

    BalasHapus
  2. Diantara hikmahnya, mudah2an para pahlawan dari golongan Sayyid dapat digali lagi sejarahnya sehingga ummat dapat mengingat dan menyadari peran serta jasa Ba'alawi dalam perjuangan kemerdekaan.

    BalasHapus